Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pengguna Android, Sebaiknya Matikan Kecerahan Otomatis di Ponsel Anda

Kamis 11 Aug 2022 06:13 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda

Sebaiknya matikan kecerahan otomatis untuk menjaga penglihatan yang sehat dan mengurangi ketegangan pada mata Anda.

Sebaiknya matikan kecerahan otomatis untuk menjaga penglihatan yang sehat dan mengurangi ketegangan pada mata Anda.

Foto: www.freepik.com.
Sebaiknya matikan kecerahan otomatis untuk menjaga penglihatan yang sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa model ponsel Android memiliki kecerahan otomatis atau pengaturan kecerahan adaptif. Ini, adalah fitur yang menggunakan sensor cahaya untuk secara otomatis menyesuaikan kecerahan ponsel Anda berdasarkan kondisi cahaya di sekitarnya.

Dalam banyak hal, fungsi ini membuat tampilan layar Anda bebas repot. Jika Anda berada di dalam ruangan yang gelap, lampu layar akan berkurang untuk menghemat daya dan jika Anda berada di luar di bawah sinar matahari, layar Anda dibanjiri cahaya sehingga Anda dapat melihatnya dengan lebih baik.

Dilansir dari Slashgear, Kamis (11/8/2022), meskipun ini adalah fitur yang nyaman untuk dimiliki di perangkat Android Anda, ada kalanya fitur tersebut tidak berfungsi dengan baik. Tetapi Anda dapat mengunjungi pengaturan Anda dan mematikannya, sehingga Anda dapat mengaturnya ke spesifikasi yang Anda inginkan secara manual.

Pengguna Android yang mungkin lebih suka untuk memiliki tingkat kecerahan mereka sendiri harus membaca untuk melihat mengapa menonaktifkan pengaturan ini secara permanen bisa menjadi hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk perangkat Anda. 

Mengapa pengguna Android harus mematikan kecerahan otomatis?

Yang harus Anda lakukan untuk mematikan kecerahan otomatis adalah pergi ke Settings > Display dan matikan fitur Kecerahan adaptif  atau Adaptive brightness (via 9to5 Google). Disarankan untuk mengalihkan ponsel Anda dari pengaturan kecerahan default sehingga Anda dapat mengontrol seberapa terang ponsel yang Anda inginkan.

Ini terutama karena dua alasan. Yang pertama adalah masa pakai baterai.

Cahaya terang membantu Anda melihat layar dengan lebih baik, terutama jika Anda berada di luar, tetapi itu akan cepat menghabiskan baterai Anda. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari masa pakai baterai yang lama, mungkin yang terbaik adalah menurunkan kecerahan layar dan menyalakannya hanya untuk saat-saat ketika Anda membutuhkan lebih banyak cahaya.

Aturan praktis yang baik adalah menyesuaikan kecerahan layar Anda dengan tingkat kecerahan ruangan tempat Anda berada secara manual. Alasan kedua berkaitan dengan melindungi penglihatan Anda. Seperti semua smartphone dan perangkat elektronik lainnya, ponsel Android Anda memancarkan cahaya biru untuk membantu Anda melihat tampilan layar.

Tapi, cahaya ini dapat menyebabkan kerusakan pada retina jika Anda menghabiskan waktu lama melihat ponsel Anda. Inilah mengapa sebaiknya matikan kecerahan otomatis untuk menjaga penglihatan yang sehat dan mengurangi ketegangan pada mata Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile