Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Suplemen Ini Sebaiknya tak Diminum Ketika Perut Kosong

Kamis 11 Aug 2022 08:11 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Suplemen ini sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum sarapan. (ilustrasi)

Suplemen ini sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum sarapan. (ilustrasi)

Foto: freepik
Mengonsumsi vitamin dalam kondisi perut kosong menyebabkan masalah saluran cerna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bila ingin mengonsumsi suplemen vitamin, salah satu hal yang penting diperhatikan adalah soal waktu. Alasannya, beberapa suplemen vitamin tak dianjurkan untuk dikonsumsi pada pagi hari, sebelum sarapan.

 

"Mengonsumsi vitamin dalam kondisi perut kosong sering menyebabkan masalah saluran cerna," ujar ahli gastroenterologi dari Cleveland Clinic, dr Christine Lee, seperti dilansir Eat This Not That, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga

Masalah saluran cerna ini bisa memunculkan beberapa gejala. Sebagian dari gejala tersebut adalah nyeri perut, mual, dan diare.

Berkaitan dengan hal ini, Lee mengungkapkan, ada tiga macam suplemen vitamin yang sebaiknya tak dikonsumsi pada pagi hari ketika perut kosong. Berikut ini adalah ketiga macam suplemen vitamin tersebut:

1. Suplemen multivitamin

Multivitamin sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan makan. Menurut spesialis kesehatan keluarga di Fort Myers, dr Rodolfo Perez-Gallardo, mengonsumsi multivitamin bersama makanan bisa membantu penyerapan.

Jenis suplemen ini juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan minuman berbasis air putih. Akan tetapi, hal ini akan membuat vitamin larut air dan larut lemak menjadi sulit diserap.

2. Suplemen vitamin A, D, E, dan K

Vitamin A, D, E, dan K merupakan vitamin larut lemak. Jenis vitamin ini sebaiknya tak dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. Waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin-vitamin A, D, E, dan K adalah setelah makan makanan yang mengandung lemak.

3. Suplemen magnesium

Magnesium umum digunakan untuk membantu tidur karena bisa memunculkan rasa ngantuk. Oleh karena itu, suplemen ini paling direkomendasikan dikonsumsi di malam hari. Selain suplemen magnesium, ahli nutrisi Kristen Yarker juga merekomendasikan suplemen yang mungkin memicu rasa mual, seperti multivitamin prakehamilan, untuk dikonsumsi sebelum tidur.

"Sehingga Anda dalam kondisi tertidur ketika efek samping muncul," kata dia.

Waktu yang dihindari

Dr Lee menganjurkan agar suplemen vitamin tak dikonsumsi sebelum makan atau sebelum berolahraga. Konsumsi suplemen vitamin bersamaan dengan makan bisa menunjang kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin dan menurunkan risiko efek samping seperti mual dan sakit perut. Sedangkan mengonsumsi suplemen sebelum olahraga bisa memicu produksi asam lambung saat berolahraga.

Bila mengalami mual

Meski sudah mengonsumsi suplemen multivitamin bersamaan dengan makan, sebagian orang bisa tetap merasa mual. Bila hal ini terjadi, strategi suplementasi mungkin perlu diubah. Misalnya, mengganti suplemen jenis multivitamin menjadi suplemen dengan kandungan vitamin individual.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile