Kamis 11 Aug 2022 17:09 WIB

Remake Lagu Sang Dewi, Lyodra Gemetar Saat Rekaman

'Sang Dewi' merupakan lagu karya Andi Rianto yang dipopulerkan Titi DJ.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Penampilan Lyodra dan Andi Rianto dalam peluncuran MV Sang Dewi di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (11/8/2022).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Penampilan Lyodra dan Andi Rianto dalam peluncuran MV Sang Dewi di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (11/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Andi Rianto kembali menggandeng salah satu penyanyi perempuan terbaik Indonesia, Lyodra, untuk membuat ulang lagu lamanya yang dulu dinyanyikan Titi DJ, “Sang Dewi”. Remake lagu lawas ini merupakan yang kedua kalinya dibuat Andi Rianto, setelah sebelumnya menggandeng Raisa dalam remake “Bahasa Kalbu”. Saat menjalani proses rekaman, Lyodra mengaku merasa gemetar karena harus membawakan lagu yang sangat legend

“Waktu rekaman itu aku gemetar banget. Aduh, aku bisa nggak sih bawain lagu ini, karena ini dinyanyiin diva, pressure-nya gede,” ucap Lyodra dalam peluncuran lagu dan MV “Sang Dewi” di CGV Grand Indonesia Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga

Lagu ini merupakan original song dari ciptaan Andi Rianto bersama dengan Titi DJ, yang diciptakan pada 2000 namun baru dirilis pada 2001 silam. Bagi Lyodra, lagu yang meledak sebelum dirinya lahir ini sudah sangat melekat dengan seorang Titi DJ, sehingga agak sulit memasukkan unsur khas Lyodra di dalamnya.

“Lagu “Sang Dewi” ini melekat banget sama Mami Titi DJ, nah aku gimana bisa keluar tapi tetap ada Lyodra-nya, itu susah banget. Akhirnya, pas rekaman video call dulu, terus dikasih blessing. Dan semoga semua bisa suka dan enjoy sama lagunya ya,” kata Lyodra lagi.

“Sang Dewi” bercerita tentang cinta sejati seorang perempuan, di mana perempuan itu sebelumnya sudah merasa trauma dengan cinta. Tetapi seorang lelaki datang dalam hidupnya, meski bukan titisan dewa, lelaki ini mampu mengubah sudut pandang perempuan ini dan kemudian mereka hidup bahagia dalam dunia mereka.

Dalam lagu remake ini, sebagai produser sekaligus arranger, Andi Rianto ingin memberikan warna baru dalam nuansa aransemennya, dengan mempertimbangkan karakter vokal dari Lyodra. Benar saja, “Sang Dewi” versi terbaru ini diaransemen dengan begitu apik, melibatkan Budapest Scoring Orchestra dalam memberikan nuansa musik yang super megah.

Musik pop yang apik, dipadukan dengan suara berbagai instrumen sebuah orkestra, menjadikan kesatuan yang luar biasa dari sebuah “Sang Dewi”. Bagi Andi, mencocokkan karakter vokal Lyodra dengan lagu menjadi salah satu yang paling utama.

“Mencocokkan karakter lagu dengan karakter vokal Lyodra adalah salah satu tantangannya, namun saya yakin Lyodra punya kemampuan teknis yang tinggi, dengan kemerduan suaranya saya yakin dia bisa menaklukkan aransemennya. Yang penting buat saya, walaupun dengan aransemen berbeda, esensi lagunya harus utuh seperti sebelumnya,” kata Andi dalam kesempatan yang sama.

Lagu yang sudah dinyanyikan Lyodra ketika ia mengikuti perlombaan musik di masa kecilnya, diubah dengan musik grande. Lyodra mengaku berlatih cukup sering di rumah untuk lagu ini, agar suaranya ikut lebih grande seperti musiknya.

“Aku lumayan sering dengar lagu ini, bukan yang awam terus kagok. Lalu melihat aransemen yang megah, grande, aku langsung berguncang. Beberapa teman yang udah dengar pada bilang bagus banget kayak film James Bond,” ucap Lyodra lagi.

Dengan dirilisnya versi terbaru dari “Sang Dewi”, baik Lyodra maupun Andi Rianto berharap lagu ini dapat memberikan warna baru dan menjangkau lebih luas lagi para penikmat musik terutama generasi muda.

Lagu “Sang Dewi” versi terbaru ini bisa didengar di semua platform layanan musik digital. Dan musik videonya akan rilis di akun resmi YouTube Lyodra dan Universal Music Indonesia pada tengah malam ini, Jumat (12/8/2022), pukul 00.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement