Kamis 11 Aug 2022 21:29 WIB

Metro di San Francisco Gunakan Elang Usir Merpati

Elang menakut-nakuti merpati yang sedang beristirahat di peron.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Pengendara sistem metro di San Francisco Bay Area California mungkin telah 'merekrut' penjaga stasiun baru dalam beberapa bulan terakhir.
Foto: AP Photo/Jae C. Hong
Pengendara sistem metro di San Francisco Bay Area California mungkin telah 'merekrut' penjaga stasiun baru dalam beberapa bulan terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Pengendara sistem metro di San Francisco Bay Area California mungkin telah 'merekrut' penjaga stasiun baru dalam beberapa bulan terakhir. Seekor elang Harris berusia lima tahun bernama Pac-Man telah mengambil tempat bertengger di stasiun El Cerrito del Norte, dia bekerja memantau para merpati.

Pawang elang Falcon Force dan penjaga Pac-Man Ricky Ortiz mulai berpatroli dengan burung itu di stasiun sejak musim panas ini. Mereka memantau sistem Bay Area Rapid Transit (BART) untuk menjaga merpati di luar area dan melindungi penumpang dari kotorannya.

Baca Juga

Tim berpatroli tiga hari seminggu, memulai hari di pintu masuk tingkat bawah sebelum menjelajahi peron. Elang itu menakut-nakuti merpati yang sedang beristirahat di peron atau di perancah interior stasiun.

Sejauh ini Ortiz telah melihat perbedaan besar. "Mungkin setengah merpati di sini berkurang setelah seminggu kami terbang," katanya.

Ortiz mencoba untuk mencegah Pac-Man dari memakan merpati atau hewan pengerat lokal. Dia memberinya makanan ringan sepanjang hari untuk membuat teman berbulu senang di tempat kerja.

Sejauh ini, Pac-Man telah menjadi primadona di komuter. Salah satu penggemarnya adalah Rider Bethany Campbell yang berswafoto dengan Ortiz dan Pac-Man untuk dikirim ke keluarganya.

"Kami memiliki keluarga di Midwest dan selatan dan mereka menganggap segala sesuatu di Bay Area aneh, jadi gagasan memiliki burung di sini untuk pemberantasan burung sangat lucu bagi mereka," kata Campbell.

Campbell mengaku takut ketika dia melihat elang pertama kali tetapi sekarang menganggapnya hebat. "Saya beralih dari menggunakan mobil karena saya tidak akan terjebak dalam kotak logam dengan elang," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement