Kamis 11 Aug 2022 19:49 WIB

Kapolri Bubarkan Satgasus Merah Putih yang Pernah Dipimpin Ferdy Sambo

Satgasus Merah Putih dibentuk pada 2019 pada era Kapolri Tito Karnavian.

Rep: Bambang Noroyono / Red: Andri Saubani
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membubarkan Satgasus Merah Putih yang pernah dipimpin Irjen Polisi Ferdy Sambo. (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membubarkan Satgasus Merah Putih yang pernah dipimpin Irjen Polisi Ferdy Sambo. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, resmi membubarkan Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Merah Putih. Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Dedi Prasetyo mengatakan, penghentian Satgasus Polri tersebut, untuk menjawab respons dan desakan publik agar Kapolri membubarkan tim khusus kepolisian tersebut.

“Malam ini (11/8/2022), Bapak Kapolri resmi menghentikan kegiatan dari Satgasus Polri. Artinya, sudah tidak adalagi kegiatan Satgasus Polri,” begitu kata Dedi saat konfrensi pers di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (11/9/2022).

Baca Juga

Dedi tak menjelaskan lengkap mekanisme penghentian dan pembubaran Satgasus Polri tersebut. Tetapi, ia memastikan keputusan Kapolri, menghapus unit kerja khusus di Mabes Polri itu. “Sudah tidak lagi Satgasus,” ujar Dedi.

Satgasus Merah Putih di Polri ini, sebetulnya satuan nonstruktural di Mabes Polri. Satuan tersebut, dibentuk pada 2019, di era Kapolri Tito Karnavian.

Satuan tugas tersebut, punya misi khusus dan operasionalnya di bawah komando, serta bertanggung jawab langsung terhadap Kapolri sebagai pucuk pemimpin di Korps Bhayangkara. Beberapa misi Satgasus Merah Putih, melakukan supervisi, dalam penanganan tindak pidana serius, mulai dari narkotika, perjudian, korupsi, pencucian uang, ilegal loging, sampai ITE.

Satgasus, diberikan kewenangan untuk mengambilalih penanganan kasus-kasus tersebut, yang terjadi di lingkungan direktorat, maupun di Polda jajaran seluruh Indonesia. Saat Tito Karnavian menjadi Kapolri, Satgasus Merah Putih 2019, dipimpin oleh Kabareskrim Komjen Idham Aziz dan Ferdy Sambo sebagai sekretaris.

Pada 2020, saat Komjen Idham Aziz naik bintang menjadi Jenderal, dan didapuk menjadi Kapolri, ia menunjuk Ferdy Sambo yang saat itu menjabat Dirtipidum Bareskrim Polri menjadi Kepala Satgasus. Jabatan Ferdy Sambo sebagai kepala Satgasus, diperpanjang saat Kapolri Listyo Sigit Prabowo, mendapuknya sebagai Kadiv Propam.

Pekan lalu, ketika Jenderal Sigit mencopot Irjen Sambo sebagai Kadiv Propam, posisinya sebagai Kepala Satgasus, pun dilucuti. Sampai akhirnya, Kapolri, Kamis (11/8/2022) memutuskan untuk membubarkan unit khusus di Mabes Polri itu.

 

photo
Kejanggalan dari kematian Brigadir J, ajudan eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement