Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

 

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

5 Makanan Sumber Vitamin B12 yang Mudah Didapat

Kamis 11 Aug 2022 23:08 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin B12.

Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin B12.

Foto: Pixabay
Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin B12.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh manusia bergantung pada makanan untuk tetap hidup. Karena mekanismenya yang kompleks, ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin B12. Berikut adalah makanan yang dapat membantu meningkatkan asupan vitamin B12.

 

 

Baca Juga

1. Hati

Olahan hidangan hati dan ginjal sebaiknya tidak disepelena. Bagian tersebut punya berbagai nutrisi melimpah yang baik untuk tubuh, termasuk vitamin B12. Makanan tersebut ideal jika seseorang kekurangan vitamin B12 atau mengalami kekurangan nutrisi lainnya.

 

2. Produk susu

Produk susu adalah sumber vitamin B12 yang bagus, terutama bagi vegetarian. Seseorang juga dapat memasukkannya ke dalam rutinitas harian karena sangat serbaguna dan memiliki banyak variasi. Cobalah minum susu, yogurt, dan menyantap keju setiap hari untuk asupan nutrisi.

 

3. Telur

Telur adalah makanan lain yang lebih umum dikonsumsi dan sangat kaya akan vitamin B12.  Sama halnya dengan makanan lain, telur juga berlimpah dalam berbagai makanan lain yang bermanfaat bagi tubuh. Hidangan olahan telur bisa bervariasi sehingga tidak menjemukan.

 

4. Ikan

Selain mudah didapat, menyantap ikan amat baik sebab kaya akan vitamin B12 dan banyak nutrisi lainnya. Rutin mengonsumsi jenis ikan seperti tuna dan salmon juga dapat memberikan nutrisi lain seperti protein, selenium, fosfor, vitamin B3, serta vitamin A.

 

5. Sereal yang diperkaya

Sereal yang diperkaya adalah sumber vitamin B12 dan banyak nutrisi lain untuk vegan dan vegetarian. Fortifikasi mengacu pada penambahan nutrisi pada makanan yang tidak secara alami memilikinya. Akan tetapi, lebih dianjurkan untuk makan makanan yang kaya nutrisi secara alami.

 

Secara umum, menerapkan diet seimbang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Meskipun jumlah vitamin B12 paling banyak sering bersumber dari daging, vegan dan vegetarian masih bisa mengonsumsi B12 dalam jumlah yang tepat lewat deretan makanan tadi.

Jika berpikir Anda mungkin kekurangan vitamin B12, sangat ideal untuk berkonsultasi dengan dokter. Kemungkinan besar, dokter akan meresepkan suplemen yang merupakan cara terbaik untuk menjaga asupan yang tepat. Pastikan hanya mengonsumsi suplemen vitamin B12 apabila diresepkan karena dapat berbenturan dengan obat lain, dikutip dari laman NDTV, Jumat (12/8/2022).

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile