Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Analisis Kebijakan Publik Neo-Institusionali, Membedah Profesi Public Analyst di Indonesia

Jumat 12 Aug 2022 07:43 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Buku Analisis Kebijakan Publik

Buku Analisis Kebijakan Publik

Foto: Dok Pribadi
Buku ini menjelaskan analisis kebijakan publik dari sisi sosiologi dan histrorikal.

REPUBLIKA.CO.ID, Analisis Kebijakan Publik Neo-Institusionalisme, yang menjelaskan tentang Neo-Institusionalisme dari sisi teori yang dipakai termasuk membedah perbedaan antara teori Neo-Institusionalisme dengan teori lain. Dalam buku ini juga dijelaskan secara rinci dari sisi lain seperti sosiologi, historikal, diskrusif, dan profesi Public Analyst di Indonesia.

 

Penulis buku ini memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar dari Neo-Institusionalisme dan  penerapannya dalam melakukan analisa kebijakan publik. Sumber ilmu yang ada di buku ini didapat dari hasil penelitian Prof Anwar Sanusi berkolaborasi dengan Prof Fadillah Putra yang dilengkapi dengan analis kebijakan publlik yang terkenal di antaranya Elinor Ostorn, peraih hadiah Nobel di bidang ekonomi-politik pada tahun 2009.

Elinor Ostorn memberikan pandangan meliputi teori kontak sosial Thomas Hobbes dan John Locke, selain itu juga memberikan pandangan Rosseau tentang institusi yang tidak harus dilihat secara historis melainkan dilihat juga secara prosedur logis. Pada bab selanjutnya dalam buku ini menjelaskan analisa kebijakan publik dalam Neo-Institutionalisme.

Dalam bab ini Prof. Anwar Sanusi menjelaskan secara detail mengenai proses kebijakan public, termasuk didalamnya bagaimana cara kebijakan publik itu berjalan. Keberhasilan implementasi yang dikutip dari Morestin mengatakan bahwa keberhasilan implementasi kebijakan tergantung kepada pemangku kepentingan.

Penulis buku menjabarkan secara rinci apa saja yang menjadi dasar keberhasilan implementasi kebijakan publik ini dari dua macam sisi yaitu sisi dalam dan luar. Sisi dalam berupa kelayakan kebijakan secara teknis dan biaya yang dibutuhkan, sedangkan sisi luar berupa efektifitas, dampak negatif, dan keadilan.

Penulis buku juga menjelaskan tentang berbagai jenis model yang digunakan dalam kebijakan publik, salah satunya adalah model linier, termasuk pertanyaan mengapa model linier? Dijelaskan bahwa model ini memenuhi kebutuhan prefrensi dari pemerintah, sehingga analisis kebijakan publik menjadi lebih mudah.

Pada bab selanjutnya, buku ini membahas tentang Rational Choice Institutionalisme (RCI) dari awal terbentuknya teori. Proses kebijakan dan aplikasi baik dalam ilmu politik maupun ilmu kebijakan publik, hingga metode penelitian serta cara menganalisa saat menggunakan teori RCI. Buku ini sangat disarankan untuk dibaca baik oleh mahasiswa atau masyarakat yang ingin mendalami ilmu Neo-Institusionalisme dalam organisasi umum maupun struktur yang lebih kompleks seperti pada pemerintahan.

Judul Buku    : Analisis Kebijakan Publik. Neo-Institutionallisme

 Penulis    : Fadilah Putra, Ph.D dan Anwar Sanusi, Ph.D

Penerbit    : Pustaka LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan   Penerangan Ekonomi

Tebal Buku    : 276 Halaman

Harga    : Rp 60.000

 

PENGIRIM: Ahmad Raihan Hakim, Mahasiswa Universitas Brawijaya

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile