Jumat 12 Aug 2022 17:14 WIB

300 Sekolah Dasar di Tasikmalaya Butuh Perbaikan

Sayangnnya, jumlah sekolah yang diperbaiki setiap tahunnya terbatas.

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
-Ruang guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Denuh, Desa Cikuya, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, dilaporkan ambruk pada Kamis (11/8/2022) pagi. Tak ada korban jiwa akibat kejadian itu, tapi ruangan yang ambruk itu tak bisa lagi digunakan.
Foto: dok desa cikuya
-Ruang guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Denuh, Desa Cikuya, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, dilaporkan ambruk pada Kamis (11/8/2022) pagi. Tak ada korban jiwa akibat kejadian itu, tapi ruangan yang ambruk itu tak bisa lagi digunakan.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sebuah ruangan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Denuh, Desa Cikuya, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, dilaporkan ambruk pada Kamis (11/8/2022) akibat cuaca ekstrem. Rusaknya ruangan itu menambah daftar kondisi sekolah dasar (SD) yang harus diperbaiki di daerah tersebut.

Kepala Bidang SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Dindin Saepudin, mengatakan, saat ini, terdapat 300 SD yang perlu diperbaiki. Namun, jumlah sekolah yang diperbaiki setiap tahunnya terbatas.

"Untuk tahun ini, sudah berjalan pembangunan di 19 sekolah. Namun, untuk rehabilitasi hanya tiga sekolah," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Jumat (12/8/2022).

Perbaikan itu dilakukan sesuai usulan yang dimasukkan melalui aplikasi data pokok pendidikan (dapodik). Sementara anggaran perbaikan langsung oleh pemerintah pusat.

Dindin mengatakan, perbaikan yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Tasikmalaya tahun ini hanya untuk pembangunan tiga ruang kelas baru dan rehabilitasi satu ruang kelas. Menurut dia, perbaikan menggunakan APBD minim lantaran PAD di Kabupaten Tasikmalaya sedikit.

"Usulan perbaikan hampir 300 sekolah dasar itu kami memang mengandalkan pusat," kata dia.

Ihwal sekolah rusak di Kecamatan Culamega, menurut Dindin, pihak sekolah telah mengusulkan perbaikan melalui dapodik. Dia berharap, perbaikan dapat dilaksanakan pada 2023. "Mudah-mudahan itu bisa masuk untuk diperbaiki pada 2023," kata dia.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, Dindin juga mengimbau pihak sekolah untuk senantiasa melakukan pemeliharaan. Apabila terdapat bagian yang rusak, sekolah diminta segera melakukan perbaikan secara mandiri menggunakan dana BOS.

"Pemeliharaan kan bisa dari dana bos. Jadi kalau ada rusak sedikit, langsung perbaiki," ujar dia.

Namun, ketika kondisi ruang kelas sudah tidak layak, ia meminta sekolah melakukan pengaturan agar siswa tetap bisa belajar dengan aman. Dia mencontohkan, ketika terjadi hujan, siswa yang biasa belajar di ruang kelas yang sudah mengkhawatirkan lebih baik dipindahkan ke ruang kelas lain untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ مَنْ يَّرْزُقُكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ اَمَّنْ يَّمْلِكُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَمَنْ يُّخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُّدَبِّرُ الْاَمْرَۗ فَسَيَقُوْلُوْنَ اللّٰهُ ۚفَقُلْ اَفَلَا تَتَّقُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup, dan siapakah yang mengatur segala urusan?” Maka mereka akan menjawab, “Allah.” Maka katakanlah, “Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”

(QS. Yunus ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement