Jumat 12 Aug 2022 22:09 WIB

Tekuk Vietnam 1-0 di Final, Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022

Kafiatur jadi pahlawan Indonesia berkat satu gol yang dicetaknya ke gawang Vietnam.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Indonesia U-16 Muhammad Kafiatur Rizky (kiri) melakukan selebrasi usai berhasil menjebol gawang timnas Vietnam U-16 saat laga final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (8/12/2022). Indonesia menang 1-0 dan berhak menjadi juara di ajang tersebut.
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Pemain timnas Indonesia U-16 Muhammad Kafiatur Rizky (kiri) melakukan selebrasi usai berhasil menjebol gawang timnas Vietnam U-16 saat laga final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (8/12/2022). Indonesia menang 1-0 dan berhak menjadi juara di ajang tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Timnas Indonesia berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022 berkat kemenangan 1-0 di laga final atas Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022). Pahlawan kemenangan Garuda Muda adalah Muhammad Kafiatur Rizky yang mencetak gol pada babak pertama.

Pertandingan berlangsung dengan tempo tinggi sejak menit pertama. Jual beli serangan dilakukan oleh kedua tim. Sejumlah ancaman yang diciptakan Indonesia selalu dipatahkan pertahanan Vietnam. Pun dengan serangan Vietnam berhasil digagalkan pemain tuan rumah.

Baca Juga

Pada menit ke-14 Vietnam mendapatkan peluang bagus lewat skema bola mati dari sisi kiri pertahanan Indonesia. Umpan lambung yang disambut pemain Vietnam dengan sundulan berhasil ditepis oleh kiper Andrika Fathir.

Memasuki menit ke-15, serangan Vietnam lebih membahayakan. Beberapa pemain Negeri Paman Ho berhasil menusuk ke area pertahanan Indonesia. Namun kedisiplinan pemain tuan rumah membuat serangan lawan berhasil dipatahkan.

Pada menit ke-29, Indonesia mendapatkan peluang emas tendangan bebas. Namun tembakan Muhammad Riski Afrizal terlalu lemah sehingga bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Vietnam.

Pada menit ke-35 Vietnam nyaris mencetak gol ketika satu pemain Vietnam berhasil menusuk ke area pinalti dari sisi kiri. Tetapi rekannya yang menerima umpan gagal menyentuh bola sehingga jatuh ke kaki pemain Indonesia.

Arkhan Kaka dan kawan-kawan terus mencoba membongkar pertahanan Vietnam yang bermain rapat. Skuad Garuda melakukan berbagai cara baik umpan lambung maupun skema permainan umpan-umpan pendek.

Indonesia akhirnya menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol Kafiatur pada menit ke-45+1. Tembakan kaki kirinya tak bisa dijangkau oleh kiper Vietnam.

Tempo permainan cepat tetap diperagakan oleh kedua tim sejak babak kedua dimulai. Vietnam bermain lebih agresif guna mengejar ketertinggalan. Namun rapatnya pertahanan Indonesia membuat tim tamu kesulitan menembus area penalti Indonesia.

Pada menit ke-58, Kaka berhasil menjangkau umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Vietnam. Namun sundulannya tak sempurna karena mendapatkan gangguan dari kiper dan bek Vietnam. Strategi umpan lambung yang sering dilakukan anak asuh Bima Sakti tampak sering membahayakan gawang Vietnam.

Pasalnya, strategi itu membuat kiper Vietnam harus sering keluar dari sarangnya. Adapun Vietnam kesulitan menerapkan skema menyerangnya karena Kaka dan kawan-kawan melakukan pressing ketat. Hal tersebut membuat pemain Vietnam tak punya ruang melakukan tembakan sempurna ke arah gawang.

Pada menit ke-90, Vietnam nyaris menyamakan kedudukan namun tembakan pemain Vietnam dari jarak dekat berhasi ditangkap oleh Andrika. Jelang pertandingan usai suasana menjadi panas.

Wasit mengusir pelatih Vietnam atas aksi protesnya yang dianggap terlalu keras. Gemuruh seisi stadion bergelora saat wasit meniup peluit panjang tanda laga usai dan Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2022 dengan kemenangan 1-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement