Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

 

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Baznas Luncurkan Rumah Kreatif Baznas di Bandung

Sabtu 13 Aug 2022 13:07 WIB

Red: Christiyaningsih

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Rumah Kreatif Baznas di Bandung.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Rumah Kreatif Baznas di Bandung.

Foto: Baznas
Rumah Kreatif Baznas adalah pusat kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Rumah Kreatif Baznas yang digunakan untuk pembinaan serta pemberdayaan mustahik. Hadir dalam acara tersebut Direktur Penguatan Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Agus Siswanto, Bupati Bandung H. M. Dadang Supriatna dan istri, Siti Rohimah, yang juga pembina Kelompok Zero to Hero.

 

"Dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui zakat produktif, Baznas mendorong para penerima zakat (mustahik) menjadi micropreneur mandiri," ujar Agus Siswanto di Bandung, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga

Menurut Agus, program ini bertujuan mewujudkan kemandirian puluhan pengusaha mikro melalui pemberian modal usaha, pendampingan, serta pelatihan untuk membantu mustahik mencapai kesejahteraan yang berkelanjutan. Sejak tahun 2018-2020, papar Agus, Baznas telah memberikan bantuan modal usaha dan pendampingan di wilayah Bandung.

Pada 2018 Baznas membina kelompok Zmart yang memiliki 30 anggota dan pada 2020 tiga kelompok mustahik yang terdiri atas kelompok fesyen (20 orang), kelompok craft (20 orang), dan kelompok tata rias (19 orang). Sebagai bentuk kemandirian, paguyuban mustahik ini membentuk kelompok bersama dalam wadah Koperasi Usaha Bersama Zero to Hero. Penggabungan dan pembentukan koperasi ini sebagai bentuk kemandirian kelompok mustahik dan mendorong usaha yang berkelanjutan.

“Baznas memiliki banyak program pemberdayaan masyarakat. Di antaranya adalah Zmart, Zchicken, ZAuto, Santripreneur, Zakat Community Development, Balai Ternak, Bank Zakat, dan ekonomi kreatif. Program-program ini diharapkan dapat membantu mustahik terlepas dari garis kemiskinan hingga menjadi muzaki,” ujar Agus.

Dia menambahkan peluncuran rumah kreatif Baznas adalah sebagai bentuk layanan kepada mustahik dalam mengembangkan usaha dan tempat berbagai informasi, pelatihan, dan pendampingan usaha.

"Baznas berterima kasih kepada Ibu Siti Rohimah, sebagai pembina Kelompok Zero to Hero yang sangat intensif mendampingi para mustahik bahkan menyediakan tempat sebagai rumah kreatif Baznas," kata Agus.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengapresiasi peluncuran rumah kreatif tersebut. Dia berharap dapat bersinergi dengan semua stakeholder di Pemkab maupun Baznas Kabupaten Bandung untuk terus membina dan membantu mustahik. “Selamat dan sukses atas peluncuran rumah kreatif Baznas,” ujar Dadang. 

Sebagai informasi, Rumah Kreatif Baznas adalah pusat kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat. Dalam kegiatan ini, Baznas juga memberikan bantuan legalitas usaha kelompok sebagai bentuk kemandirian kelompok.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile