Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

 

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Aksi Elite Partai Politik di Tiktok, Siapa Paling Banyak Disukai Warganet?

Sabtu 13 Aug 2022 13:56 WIB

Red: Nashih Nashrullah

(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok). Tak banyak elit partai politik yang bersosialisasi menggunakan Tiktok

(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok). Tak banyak elit partai politik yang bersosialisasi menggunakan Tiktok

Foto: Pixabay
Tak banyak elit partai politik yang bersosialisasi menggunakan Tiktok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebagian besar ketua umum partai politik ternyata tidak banyak bersosialisasi dengan warga Tiktok. 

 

Hal ini diketahui dari pantauan analitik platform Evello pada periode 1-10 Agustus 2022. Menurut founder Evello, Dudy Rudianto, dari sembilan ketua umum partai politik yang memiliki wakil di senayan, hanya konten Ketum Gerindra dan Demokrat yang paling disukai warga Tiktok.  

Baca Juga

"Pada periode pantau yang sama, hanya Prabowo dan AHY paling banyak ditonton warga Tiktok dengan jumlah tayang mencapai 2.579.647 penayangan untuk AHY dan 1.741.114 penayangan," tutur Dudy dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2022).  

Menurutnya, jumlah tersebut jauh meninggalkan Ketua Umum Partai Politik lainnya seperti Zulkifli Hasan dengan 80.446 penayangan, 8.898 penayangan untuk Airlangga Hartarto, 1.692 penayangan untuk Muhaimin Iskandar, dan Megawati Soekarnoputri 908 penayangan.  

Sementara petinggi partai politik lainnya seperti Suharso Monoarfa, Surya Paloh, dan Salim Segaf Aljufri tidak terdeteksi ditonton oleh warga Tiktok.  

Tak hanya unggul dalam jumlah penayangan, dijelaskan Dudy, Prabowo dan AHY juga memiliki konten yang lebih banyak disukai warga Tiktok.  

"Dari pantauan yang kita dapat, video Prabowo diunduh sebanyak 3.471 kali oleh warga Tiktok. Menyusul video AHY telah diunduh sebanyak 2.313 kali unduhan. Sementara Ketum PAN Zulkifli Hasan diunduh hanya 41 kali oleh warga Tiktok," terangnya.  

Ditambahkannya, Prabowo dan AHY juga unggul banyak dalam hal mendorong warga Tiktok untuk berbagi video. Dari penelusuran sebaran video Tiktok ke aplikasi berkomunikasi WhatsApp, Prabowo telah disebarkan sebanyak 1.350 kali dan AHY 1.102 kali sebaran ke WhatsApp.  

Dudy menjelaskan, dalam hal keramaian percakapan, ternyata warga Tiktok lebih ramai berkomentar pada video-video AHY dibandingkan Prabowo.  

"Jumlah percakapan seputar AHY mencapai 6.701 komentar, sementara Prabowo 1.649 percakapan," ulasnya.  

Analisis lebih lanjut yang dilakukan Evello, menyebut akun-akun yang mengunggah video Airlangga Hartarto dan Megawati Soekarnoputri memiliki kredibilitas yang baik.  

"Hal ini terlihat dari besarnya jumlah pengikut, tingkat keaktifan akun dalam produksi video dan tingkat kesukaan warga Tiktok terhadap video-video yang dimiliki oleh akun tersebut," jelas Dudy lagi.  

Kesimpulan yang didapat Evello menyebut jika warga Tiktok memiliki interaksi lebih baik terhadap Prabowo Subianto dan Agus Harimurti Yudhoyono dibandingkan Ketua Umum Partai Politik lainnya. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile