Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

 

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tak Perlu Dijajal, 3 Tren Cara Memutihkan Gigi Ini tidak Manjur Menurut Dokter

Ahad 14 Aug 2022 04:23 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Gigi putih bersih (Ilustrasi). Ada banyak tren di media sosial mengenai cara memutihkan gigi yang nyatanya hanya mitos.

Gigi putih bersih (Ilustrasi). Ada banyak tren di media sosial mengenai cara memutihkan gigi yang nyatanya hanya mitos.

Foto: Pxfuel
Banyak cara memutihkan gigi yang beredar di media sosial nyatanya hanya mitos.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak sedikit cara-cara ekstrem untuk memutihkan gigi di rumah telah diperkenalkan di berbagai platform media sosial. Drg Khaled Kasem selaku kepala klinik perawatan gigi Impress, mengatakan kebanyakan tren yang muncul hanyalah mitos belaka.

 

Beberapa di antaranya bahkan berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, cara yang populer tersebut juga tidak efektif menghilangkan noda mendalam yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Baca Juga

"Jika Anda berharap untuk mendapatkan senyum yang lebih cerah dan putih, selalu yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter gigi Anda sebelum mencoba sesuatu," kata drg Kasem, seperti dikutip dari The Sun, Ahad (14/8/2022).

Tren-tren di media sosial sebaiknya tidak ditelan mentan-mentah. Bukan hanya soal gigi, tetapi juga saran-saran untuk kesehatan pada umumnya.

Berikut cara-cara pemutihan yang sebaiknya dihindari di rumah:

1. Purple shampoo

Sampo ungu biasanya digunakan oleh orang dengan rambut pirang agar rambut mereka tidak menjadi kasar. Drg Khaled membantah bahwa sampo ungu bisa memutihkan gigi.

Banyak orang menganggap rona ungu bisa menghilangkan warna kuning gigi sekaligus menciptakan efek pemutihan instan sementara. Padahal, faktanya, sampo apapun tidak aman atau berbahaya jika digunakan di area mulut.

Bukan hanya ada risiko tertelan dan jadi berbahaya, tapi juga kandungannya tidak efektif menghilangkan noda atau memutihkan gigi.

2. Jus lemon

Lemon kaya akan asam sitrat, zat pemutih alami yang digunakan pada kain, rambut, dan kulit. Namun, drg Khaled mengingatkan bahwa kendati kandungannya dapat mengangkat noda dan memutihkan gigi dalam jangka pendek, lemon terlalu asam untuk diletakkan di permukaan gigi.

"Saat menempel di gigi, itu mulai mengikis email yang melindungi gigi, dan saat lapisannya berkurang, Anda meningkatkan risiko sensitivitas dan kerusakan gigi," jelas drg Khaled.

3. Kunyit

Kunyit adalah bahan dapur alami lainnya yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Tetapi, ketika menyangkut gigi, tidak berarti itu akan efektif memutihkan.

"Meskipun membantu menghilangkan plak, bakteri, dan peradangan, kunyit tidak efektif menghilangkan noda. Faktanya, warna oranye gelapnya membuat gigi Anda lebih ternoda, jika Anda tidak membersihkannya dengan benar," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile