Ahad 14 Aug 2022 17:30 WIB

Sidak di Surabaya, Mendag: Harga Bahan Pokok Rata-rata Stabil

Harga bahan pokok rata-rata pada pekan ini masih stabil

Red: Nashih Nashrullah
Mendag Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Dukuh Kupang, Surabaya, Jawa Timur, pada Ahad (14/8/2022). Dalam kunjungan itu Mendag mendapati harga bahan pokok rata-rata pada pekan ini masih stabil
Foto: Dok Istimewa
Mendag Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Dukuh Kupang, Surabaya, Jawa Timur, pada Ahad (14/8/2022). Dalam kunjungan itu Mendag mendapati harga bahan pokok rata-rata pada pekan ini masih stabil

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA—  Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali meninjau harga barang kebutuhan pokok(bapok), termasuk memastikan ketersediaan minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan rakyat.

Kali ini, Mendag Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Dukuh Kupang, Surabaya, Jawa Timur, pada Ahad (14/8/2022).  Hadir mendampingi Mendag pada kunjungan tersebut yaitu Plt. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Syailendra, Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur Drajat Irawan, dan Kepala Pasar Dukuh Kupang Farah Soraya.

Baca Juga

"Hasil pantauan menunjukkan harga komoditas bapok rata-rata stabil. Komoditas yang mengalami penurunan dibanding pekan lalu yaitu daging ayam ras, cabai, dan bawang merah. Sedangkan komoditas yang mengalami kenaikan yaitu telur ayam dan tepung terigu,”ungkap Mendag Zulkifli Hasan.  

Berdasarkan pantauan,harga bapok di Pasar Dukuh Kupang per 14 Agustus2022, komoditas yang harganya stabil yaitu beras medium Rp10 ribu/kg, beras premium Rp12 ribu/kg, gula pasir Rp13 ribu/kg,daging sapi Rp120 ribu/kg, bawang putih kating Rp28 ribu, dan minyak goreng kemasan premium Rp18 ribu—20 ribu/lt.   

Komoditas yang mengalami penurunan harga yaitu cabai merah keriting Rp60 ribu/kg, cabai merah besar Rp60 ribu/kg, daging ayam ras Rp31 ribu/kg, dan bawang merah Rp30 ribu/kg. Sedangkan, komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu telur ayam Rp31 ribu/kg dan tepung terigu Rp11 ribu/kg.  

“Terigu kemarin memang naik sedikit sekitar 5—6 persen, tapi September nanti sudah panen raya sehingga diprediksi akan turun harganya. Saat ini di sini harga terigu Rp11 ribu,”ujar Mendag.  

Selain itu, Mendag juga menemukan Minyakita dan minyak goreng kemasan yangdijual sesuai harga eceran tertinggiRp14 ribu/lt. Mendag mengungkapkan, hingga 10 Agustus 2022, pendistribusian Minyakita ke Jawa Timur telah lebih dari 4,3 juta liter.  

Mendag Zulkifli Hasan menegaskan, Kemendag terus berupaya melakukan pemerataan distribusi Minyakita ke seluruh daerah di Indonesia.  

“Persediaan minyak di sini sudah banyak, terutama minyak dalam kemasan dan sudah bagus. Pengiriman Minyakita di Jawa Timur juga sudah dilakukan, namun memang perlu dilakukan pemerataan distribusinya keseluruh pasar, baik di Jawa Timur maupun di daerah-daerah lainnya di Indonesia, " ujar Mendag.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement