Senin 15 Aug 2022 11:57 WIB

Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Gelar Sunatan Massal untuk Yatim dan Dhuafa

Kegiatan khitanan diselenggarakan dengan tujuan agar santri menjadi lebih sehat

Red: Gita Amanda
Pesantren Al Hilal bersama LAZISWAF Pesantren Al Hilal membuat sebuah gebrakan yakni program Khitanan Massal di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.
Foto: Pesantren Al Hilal
Pesantren Al Hilal bersama LAZISWAF Pesantren Al Hilal membuat sebuah gebrakan yakni program Khitanan Massal di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pesantren Al Hilal senantiasa membuat berbagai macam program yang bermanfaat, baik bagi mereka yang membutuhkan. Mulai dari anak yatim, penghafal Alquran hingga dhuafa pun tak lupa untuk diperhatikan dengan baik. Dalam rangka memberikan kemudahan untuk mereka, Pesantren Al Hilal bersama LAZISWAF Pesantren Al Hilal membuat sebuah gebrakan yakni program Khitanan Massal di Rumah Tahfidz Al Hilal 4 Cirebon.

Berlokasi di Perumahan Saputra Raya Blok H18 RT 18/RW 09, Desa Galagamba, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, kegiatan diselenggarakan dengan tujuan agar santri menjadi lebih sehat, sekaligus menunaikan kewajibannya sebagai seorang muslim. Acara telah terselenggara pada Ahad (14/8/2022).

Direktur LAZ Al Hilal Iwan Setiawan mengatakan, sebelum melaksanakan khitan, para santri melaksanakan proses registrasi terlebih dahulu pada pukul 07.00 Wib pagi. Kemudian, dilanjutkan dengan cek kesehatan untuk meminimalisir terjadinya sesuatu yang tak diinginkan.

"Sebanyak 13 anak pun telah mendaftar dan melaksanakan cek kesehatan, serta telah siap untuk melaksanakan khitan," kata Iwan dalam siaran persnya.

Sambutan pun disampaikan oleh Lebe Agus Sohib selaku perwakilan kepala Desa Galagamba, Nashrudin selaku perwakilan ketua MUI Kabupaten Cirebon, Ustaz Abdul Aziz Ahlaf selaku Perwakilan Kemanag Kabupaten Cirebon, serta Ustaz Topan Tamala selaku Ketua Penyelenggara dan Pimpinan Al Hilal Cirebon. Selain itu, juga dihadiri langsung oleh Hanafi sebagai perwakilan dari LAZISWAF Pesantren Al Hilal.

Setelah semua acara pembukaan selesai, tiba lah saatnya di acara inti, yaitu khitan massal. Satu per satu santri yatim, penghafal Alquran dan dhuafa pun di khitan. Turut dibantu oleh tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Sumber Waras Cirebon dan diketuai oleh Bapak Efan Safrian, Amd.Kep, Khitan Massal pun terlaksana dengan baik dan khikmat.

"Alhamdulillah wa Syukurillah, kegiatan Khitam Massal pun terlaksana tanpa adanya kendala sedikitpun," ujar Iwan.

Hingga pukul 11.00 Wib siang, kegiatan Khitan Massal pun telah selesai dilaksanakan. Tak lupa, pembagian bingkisan pun senantiasa dilaksanakan untuk menjadi buah tangan bagi orang tua dan wali santri.

"Insya Allah, dengan adanya kegiatan ini, para santri dapat terbantu dan menjadi lebih sehat. Tanpa dipungut biaya sedikitpun, memberikan kemudahan bagi para orang tua dan wali santri untuk melaksanakan khitan sebagai ibadah wajib ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement