Suporter Kritik Jadwal Pertandingan Liga 1 Terlalu Malam

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Suporter kesebelasan Arema FC (Aremania) membentangkan poster usai pertandingan untuk merayakan kemenangan atas PSIS Semarang dalam laga Semifinal Piala Presiden Leg Kedua di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (11/7/2022). Arema FC berhasil unggul agregat 4-1 atas PSIS Semarang usai menang 2-1 dan berhak melaju ke babak Final.
Suporter kesebelasan Arema FC (Aremania) membentangkan poster usai pertandingan untuk merayakan kemenangan atas PSIS Semarang dalam laga Semifinal Piala Presiden Leg Kedua di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (11/7/2022). Arema FC berhasil unggul agregat 4-1 atas PSIS Semarang usai menang 2-1 dan berhak melaju ke babak Final. | Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jadwal pertandingan Liga 1 Indonesia pada 20.30 WIB mendapatkan kritikan dari berbagai pihak karena terlalu malam. Salah satu kritikan muncul dari suporter Arema FC atau biasa dikenal dengan sebutan Aremania.

Salah satu Aremania di Kota Malang, Achmad Ghozali menjelaskan, jadwal pertandingan yang dimulai pada 20.30 WIB sangat memberatkan. Hal ini terutama untuk Aremania yang berasal dari luar Malang Raya. "Salah satu alasannya, pertandingan selesai lebih malam yakni sekitar pukul 22.30 WIB," ujar Ghozali kepada wartawan di Kota Malang.

Jarak stadion menuju daerah asal jelas cukup jauh untuk dilalui para suporter. Bahkan, beberapa suporter baru bisa sampai rumah pada dini hari. Hal ini karena perkiraan perjalanan pulang bisa menghabiskan waktu sekitar satu jam.

Berdasarkan situasi tersebut, maka wajar apabila suporter merasakan kelelahan. Situasi tentu sangat dikhawatirkan karena dapat menimbulkan kecelakaan. Terbukti, kata dia, beberapa waktu lalu terdapat suporter yang meninggal karena kecelakaan.

Di samping itu, juga ada kerawanan keamanan dalam perjalanan pulang. Salah satunya pernah dialami Aremania yang dicegat oleh sejumlah oknum yang mengatasnamakan suporter lawan. "Mereka diintimidasi dari sejumlah oknum dan beberapa barang bawaannya juga dirampas," katanya.

Dengan adanya kondisi demikian, Ghazali pun meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan penyiar bisa menindaklanjuti kritikan tersebut. Dia berharap jadwal pertandingan tidak dimulai terlalu malam. Stasiun penyiar diharapkan memerhatikan faktor lain yang bisa merugikan klub dan suporter.

Menurut Ghazali, jadwal pertandingan yang paling ideal itu sekitar 15.30 WIB dan 18.30 WIB. Nilai ideal ini tidak hanya ditujukan di daerah dengan WIB tetapi juga WITA dan WIT.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Terkait


Kalah di Kandang Sendiri, Ini Kata Pelatih Persis Solo

Kalah Tiga Kali Beruntun, Ini Kata Pelatih Persis

Bek Asing Persib Sebut Kalah Menang Adalah Hal Biasa, Tapi...

Retro dan Elegan, Ini Harga Jersey Baru Persis Solo

Bawa 41 Nama, Persis Solo Pede Jajaki Liga 1

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark