Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

 

11 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dukung Ketahanan Pangan, Pupuk Indonesia Reklamasi Tambang

Senin 15 Aug 2022 14:26 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi

Pupuk Indonesia Holding. Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero) Gusrizal mengatakan perusahaan sangat mendukung program reklamasi lahan tambang. Khususnya tambang biji timah yang selanjutnya dimanfaatkan untuk penghijauan maupun budidaya tanaman pertanian.

Pupuk Indonesia Holding. Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero) Gusrizal mengatakan perusahaan sangat mendukung program reklamasi lahan tambang. Khususnya tambang biji timah yang selanjutnya dimanfaatkan untuk penghijauan maupun budidaya tanaman pertanian.

Foto: facebook.com/pg/Pupuk.Indonesia
Lahan bekas tambang kembali lestari, tapi juga produktif untuk pertanian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero) Gusrizal mengatakan perusahaan sangat mendukung program reklamasi lahan tambang. Khususnya tambang biji timah yang selanjutnya dimanfaatkan untuk penghijauan maupun budidaya tanaman pertanian.

 

Menurutnya, reklamasi lahan tambang ini bermanfaat tidak hanya menjadikan lahan bekas tambang kembali lestari, tapi juga produktif untuk pertanian. "Dengan begitu mampu mendukung ketahanan pangan nasional," ujar Gusrizal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Baca Juga

Gusrizal berharap kegiatan ini mampu menjadi penggerak bagi daerah-daerah lain di Indonesia yang menjadi pusat tambang, sehingga lahannya dapat kembali dimanfaatkan untuk pertanian sebagai strategi ekstensifikasi. Dia mengatakan kebutuhan pangan terus meningkat seiring dengan terus bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia.

"Sudah menjadi tanggung jawab bersama, khususnya Pupuk Indonesia dengan anak perusahan untuk menjaga ketahanan pangan nasional melalui peningkatan produktivitas pertanian," kata Gusrizal menambahkan.

Gusrizal menyampaikan implementasi pupuk pada lahan bekas tambang antara lain Kapur Pertanian Kebomas, Petroganik Premium, Phonska Plus dan Urea Petro yang rencananya akan digelar di enam kecamatan di Kabupaten Bangka Barat, termasuk di Muntok yang rencananya akan ditanami sekitar 600 pohon.

Dia menilai dukungan terhadap pengembalian fungsi ekologis lahan bekas tambang juga diwujudkan Pupuk Indonesia melalui kegiatan tanam perdana demonstration plot (demplot) tanaman cabai pada lahan bekas tambang di Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka. Kegiatan ini dikemas dalam program bertajuk "Pupuk Indonesia Menyapa Petani".

Selain demplot, lanjut Gusrizal, kegiatan yang digelar untuk mendukung program Hijau Biru Babelku juga diisi dengan kegiatan sosialisasi, sharing dan diskusi yang menjadi media edukasi bagi petani. Ia menyebut Pupuk Indonesia juga berkomitmen menyiapkan ketersediaan pupuk nonsubsidi yang berkualitas dan mampu meningkatkan produktivitas pertanian untuk petani.

"Kami juga menyediakan layanan uji tanah agar setiap petani dapat mengetahui status hara dan rekomendasi pemupukan yang tepat pada lahannya, sehingga pemupukan yang dilakukan menjadi efektif dan efisien. Layanan ini gratis atau tidak dipungut biaya," ucap Gusrizal.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile