Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

 

1 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

5 Hal Paling Penting dalam Merawat Kesehatan Gigi

Senin 15 Aug 2022 15:35 WIB

Red: Nora Azizah

Tak semua orang memahami bagaimana cara merawat gigi yang benar.

Tak semua orang memahami bagaimana cara merawat gigi yang benar.

Foto: www.freepik.com.
Tak semua orang memahami bagaimana cara merawat gigi yang benar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merawat gigi sebenarnya tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut, tetapi juga tubuh secara umum. Namun, tak semua orang memahami bagaimana cara merawat gigi yang benar.

 

Menurut dokter gigi Surbhi Bhatia L, ada lima hal seputar perawatan gigi yang perlu diketahui oleh masyarakat luas. Berikut ini adalah kelima hal tersebut, seperti dilansir PinkVilla, Senin (15/8/2022).

Baca Juga

 

Hindari Menyikat Terlalu Keras

Menyikat gigi terlalu keras tidak otomatis akan membuat gigi menjadi bersih. Sebaliknya, kebiasaan menyikat gigi terlalu keras bisa mencederai gusi dan memicu kerusakan pada gigi. Banyak orang mengalami kondisi resesi gusi atau gusi turun karena menyikat gigi sangat keras. Resesi gusi akan membuat area akar gigi menjadi lebih terbuka dan rentan untuk mengalami masalah.

 

Jangan Lupa Sikat Gigi dan Flossing

Sikat gigi perlu dilakukan secara rutin, minimal dua kali sehari yaitu di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari menjelang tidur. Sikat gigi juga perlu dilengkapi dengan flossing minimal satu kali sehari.

Tanpa keduanya, plak bisa menumpuk di gigi. Bila dibiarkan ada di permukaan gigi selama lebih dari 24 jam, plak bisa berkembang menjadi karang gigi. Karang gigi merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh subur dan memicu masalah pada gigi.

 

Hindari Kopi, Tembakau, dan Alkohol

Kopi diketahui bersifat sangat asam dan bisa mengikis email gigi. Kandungan tannin pada kopi juga bisa menodai warna gigi. Sedangkan konsumsi alkohol dan penggunaan tembakau merupakan faktor yang dapat memicu terjadinya kanker mulut, mulut kering, hingga gigi ternoda atau rusak.

 

Ganti Sikat Gigi Berkala

Sikat gigi bisa menjadi tempat bakteri berkumpul. Oleh karena itu, sikat gigi juga memiliki waktu kedaluwarsanya sendiri setelah digunakan. Sikat gigi sebaiknya diganti setiap 12 pekan. Namun bila sebelum waktu tersebut kondisi sikat gigi sudah mengalami perubahan tampilan atau bau, segera ganti sikat gigi.

 

Perhatikan Asupan Makan

Pola makan turut mempengaruhi kondisi kesehatan gigi. Bukan hanya gula yang bisa memberikan dampak, tetapi juga beberapa makanan lain yang sebenarnya menyehatkan. Sebagian di antaranya adalah lemon, acar, dan jeruk bali. Jenis-jenis makanan ini memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga bisa mengikis email gigi seiring waktu.

Namun ada pula makanan yang direkomendasikan karena bisa membantu memelihara gigi. Sebagian di antara makanan tersebut adalah keju, apel, dan sayur berdaun hijau.

sumber : Antara
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile