Senin 15 Aug 2022 22:35 WIB

5 Hal Paling Penting dalam Merawat Kesehatan Gigi

Tak semua orang memahami bagaimana cara merawat gigi yang benar.

Red: Nora Azizah
Tak semua orang memahami bagaimana cara merawat gigi yang benar.
Foto: www.freepik.com.
Tak semua orang memahami bagaimana cara merawat gigi yang benar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merawat gigi sebenarnya tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut, tetapi juga tubuh secara umum. Namun, tak semua orang memahami bagaimana cara merawat gigi yang benar.

Menurut dokter gigi Surbhi Bhatia L, ada lima hal seputar perawatan gigi yang perlu diketahui oleh masyarakat luas. Berikut ini adalah kelima hal tersebut, seperti dilansir PinkVilla, Senin (15/8/2022).

Baca Juga

 

Hindari Menyikat Terlalu Keras

Menyikat gigi terlalu keras tidak otomatis akan membuat gigi menjadi bersih. Sebaliknya, kebiasaan menyikat gigi terlalu keras bisa mencederai gusi dan memicu kerusakan pada gigi. Banyak orang mengalami kondisi resesi gusi atau gusi turun karena menyikat gigi sangat keras. Resesi gusi akan membuat area akar gigi menjadi lebih terbuka dan rentan untuk mengalami masalah.

 

Jangan Lupa Sikat Gigi dan Flossing

Sikat gigi perlu dilakukan secara rutin, minimal dua kali sehari yaitu di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari menjelang tidur. Sikat gigi juga perlu dilengkapi dengan flossing minimal satu kali sehari.

Tanpa keduanya, plak bisa menumpuk di gigi. Bila dibiarkan ada di permukaan gigi selama lebih dari 24 jam, plak bisa berkembang menjadi karang gigi. Karang gigi merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh subur dan memicu masalah pada gigi.

 

Hindari Kopi, Tembakau, dan Alkohol

Kopi diketahui bersifat sangat asam dan bisa mengikis email gigi. Kandungan tannin pada kopi juga bisa menodai warna gigi. Sedangkan konsumsi alkohol dan penggunaan tembakau merupakan faktor yang dapat memicu terjadinya kanker mulut, mulut kering, hingga gigi ternoda atau rusak.

 

Ganti Sikat Gigi Berkala

Sikat gigi bisa menjadi tempat bakteri berkumpul. Oleh karena itu, sikat gigi juga memiliki waktu kedaluwarsanya sendiri setelah digunakan. Sikat gigi sebaiknya diganti setiap 12 pekan. Namun bila sebelum waktu tersebut kondisi sikat gigi sudah mengalami perubahan tampilan atau bau, segera ganti sikat gigi.

 

Perhatikan Asupan Makan

Pola makan turut mempengaruhi kondisi kesehatan gigi. Bukan hanya gula yang bisa memberikan dampak, tetapi juga beberapa makanan lain yang sebenarnya menyehatkan. Sebagian di antaranya adalah lemon, acar, dan jeruk bali. Jenis-jenis makanan ini memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga bisa mengikis email gigi seiring waktu.

Namun ada pula makanan yang direkomendasikan karena bisa membantu memelihara gigi. Sebagian di antara makanan tersebut adalah keju, apel, dan sayur berdaun hijau.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ الَّذِى اشْتَرٰىهُ مِنْ مِّصْرَ لِامْرَاَتِهٖٓ اَكْرِمِيْ مَثْوٰىهُ عَسٰىٓ اَنْ يَّنْفَعَنَآ اَوْ نَتَّخِذَهٗ وَلَدًا ۗوَكَذٰلِكَ مَكَّنَّا لِيُوْسُفَ فِى الْاَرْضِۖ وَلِنُعَلِّمَهٗ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۗ وَاللّٰهُ غَالِبٌ عَلٰٓى اَمْرِهٖ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
Dan orang dari Mesir yang membelinya berkata kepada istrinya,” Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, mudah-mudahan dia bermanfaat bagi kita atau kita pungut dia sebagai anak.” Dan demikianlah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di negeri (Mesir), dan agar Kami ajarkan kepadanya takwil mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengerti.

(QS. Yusuf ayat 21)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement