Gerakan 10 Juta Bendera Meriahkan HUT ke-77 RI di Yogya

Red: Muhammad Fakhruddin

Gerakan 10 Juta Bendera Meriahkan Hut ke-77 RI di Yogya (ilustrasi).
Gerakan 10 Juta Bendera Meriahkan Hut ke-77 RI di Yogya (ilustrasi). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta siap memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI. Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih pun ikut memeriahkan peringatan HUT ke-77 RI di 2022 ini di Kota Yogyakarta.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta, Budi Santosa mengatakan, masyarakat pun sudah mulai bergerak dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 RI.

Setidaknya, sudah berkibar 860.407 bendera merah putih dan umbul-umbul yang terpasang di seluruh wilayah Kota Yogyakarta berdasarkan pendataan per 12 Agustus. Ratusan ribu bendera tersebut, katanya, dipasang baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Meskipun begitu, pihaknya tetap meminta agar dalam menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 RI tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Hal ini mengingat HUT ke-77 RI di 2022 ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga

“Partisipasi masyarakat luar biasa untuk menyemarakan HUT ke- 77 RI. Kegiatan di masyarakat seperti memasang bendera dan lomba-lomba serta rencana malam tirakatan," kata Budi, Senin (15/8/2022).

Terkait dengan upacara peringatan HUT ke-77 RI saat 17 Agustus nanti, akan dilaksanakan di halaman Balai Kota Yogyakarta. Pelaksanaan upacara bendera ini akan dilakukan dengan prokes ketat dan diikuti 400 orang atau 40 persen dari kapasitas halaman Balai Kota Yogyakarta.

"Pelaksanaan upacara bendera agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena seluruh daerah di Indonesia diwajibkan mengadakan upacara bendera pagi hari secara langsung di tiap kabupaten, kota, instansi nasional dan sekolah," ujar Budi.

Upacara tersebut akan dilaksanakan pukul 07.00 WIB. Sedangkan, pada pukul 16.00 WIB akan diadakan upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-77 RI di Balai Kota Yogyakarta.

"Pemkot Yogyakarta bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga mengikuti upacara di istana negara secara daring di Balai Kota Yogyakarta. Termasuk mengikuti sidang paripurna mendengarkan pidato Presiden RI," jelasnya.

Masyarakat pun dapat menyaksikan upacara secara langsung di luar pagar Balai Kota Yogyakarta maupun melalui live streaming. Budi juga berharap, saat pengibaran bendera detik-detik proklamasi pukul 10.00 WIB sampai 10.17 WIB, semua komponen masyarakat dapat menghormati dengan berdiri tegak dan diam sejenak.

Pada saat itu, kata Budi, juga akan dibunyikan sirine di Kota Yogyakarta. Sirine ini dibunyikan di lima menara sirine atau gaok, seperti di Pasar Beringharjo dan Plengkung Gading, sirine di posko Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta, serta di kecamatan dan kelurahan.

Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Kepemudaan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta, Mugi Suyatno mengatakan, pihaknya menyiapkan pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) sebanyak 38 pelajar. Jumlah pasukan paskibraka Kota Yogyakarta sesuai upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yaitu formasi 17-8-45.

"Tahapan para paskibraka Kota (Yogya) berada di asrama paskibraka untuk penyiapan mental ketika bertugas upacara HUT Kemerdekaan RI. Rencana pengukuhan paskibraka Kota Yogyakarta pada 16 Agustus 2022," kata Mugi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Warga Garut Diimbau Rayakan HUT Kemerdekaan RI dengan Disiplin Prokes

Balapan Traktor Sambut Perayaan HUT Kemerdekaan RI

HUT RI, Ancol Bagikan 1.945 Tiket Gratis Melalui ancol.com

16 Jet Tempur F-16 akan Bentuk Angka 77 Saat HUT RI

Majelis Dzikir Ats Tsawab Gelar Munajat untuk Kemakmuran RI dan Jateng

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark