Selasa 16 Aug 2022 16:03 WIB

Bintang Olahraga Hoki Kanada akan Bawa Piala Stanley ke Masjid

Nazem Kadri menjadi Muslim pertama Kanada yang memenangkan Piala Stanley.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Nazem Kadri bersama keluarganya.
Foto: aboutislam
Nazem Kadri bersama keluarganya.

REPUBLIKA.CO.ID, ONTARIO -- Atlet olahraga hoki Muslim Kanada, Nazem Kadri menyebut akan membawa Piala Stanley ke masjid di London pada 27 Agustus mendatang. Tindakan ini dikatakan sebagai wujud dukungannya untuk komunitas Muslim di wilayah tersebut.

“Kami bangga dengan Nazem, bangga dengan perjalanannya,” kata Mo Haidar, saudara ipar Kadri menurut laporan London CTV News dilansir dari About Islam, Senin (15/8/2022).

Baca Juga

“Ini hampir sangat nyata bagi keluarga dan teman-temannya,” tambahnya.

Haidar, anggota yayasan amal Kadri, membenarkan bahwa Kadri akan menjadi tuan rumah Piala Stanley di London pada Sabtu 27 Agustus. Parade piala akan berangkat pada siang hari dari masjid Muslim London. Melewati berbagai bagian kota, itu akan berakhir di Victoria Park.

“Nazem akan berbicara, dia akan berada di sana dengan piala sehingga orang dapat melihatnya. Orang-orang didorong untuk datang ke sana dan melihat langsung Piala Stanley,” ujarnya.

Inspirasi

Kadri membuat sejarah Juni lalu sebagai Muslim pertama yang memenangkan Piala Stanley. Bintang klub Colorado Avalanche itu membuat perbedaan besar bagi tim dalam mengejar kejuaraan Piala Stanley ketiga mereka pada hari Qhad lalu. Dia juga mengantarkan kemenangan melawan Tampa Bay Lightning sebelumnya.

Tur piala di masjid disebut akan menjadi inspirasi bagi generasi muda Muslim untuk mengejar impian mereka. “Ini adalah masalah besar bukan hanya untuk komunitas Muslim di London, tetapi juga komunitas Muslim secara keseluruhan,” jelas Haidar.

“Generasi muda, dan generasi muda yang akan datang, itu hanya menunjukkan bahwa tidak hanya Muslim, tetapi kelompok minoritas apa pun dapat dicapai. Jika Anda benar-benar memiliki gairah dan Anda benar-benar ingin mencapai sesuatu, Nazem adalah contoh yang bagus untuk itu, dan pada tanggal 27 Anda akan dapat melihat buktinya,"tambahnya.

Dibentuk pada tahun 1892, Piala Stanley adalah trofi tertua yang diberikan kepada waralaba olahraga profesional di Amerika Utara. Federasi Hoki Es Internasional (IIHF) bahkan menganggapnya sebagai salah satu kejuaraan paling penting dalam olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement