Selasa 16 Aug 2022 23:15 WIB

Bill Gates Dorong Korsel Tingkatkan Bantuan untuk Kesehatan Global

Bill Gates mendorong Korsel memainkan peran yang lebih besar dalam kesehatan global.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Bill Gates
Foto: EPA
Bill Gates

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Bill Gates mendorong Korea Selatan (Korsel) untuk memainkan peran yang lebih besar dalam kesehatan global. Dalam kunjungan ke Korsel, Bill Gates juga mendesak Korsel untuk meningkatkan bantuan dan bekerja sama dengan yayasannya untuk memperkuat perang melawan penyakit.

"Ini adalah momen krisis bagi kesehatan global. Ini juga waktu yang fantastis bagi yayasan kami untuk memperkuat kemitraan dengan Korea, memberikan ide-ide hebat untuk alat-alat baru dan lebih banyak sumber daya untuk membantu mereka yang membutuhkan," kata Gates dalam pidato di Majelis Nasional pada Selasa (16/8/2022).

Gates tiba di Korsel pada Senin (15/8/2022) malam untuk menandatangani kesepakatan dengan pemerintah. Kunjungan juga bermaksud menguraikan langkah pihaknya pada keamanan kesehatan global, peningkatan kesetaraan kesehatan dan perang melawan penyakit menular.

"Korea siap menjadi pemimpin dalam pekerjaan ini," kata Gates. Ia mengutip dukungannya terhadap inisiatif kesehatan global multilateral seperti janji 200 juta dolar AS untuk skema pembagian vaksin COVAX.

Gates juga menyoroti manufaktur vaksin negara, manufaktur diagnostik, kemampuan R&D dan kemampuan diagnostik sebagai kekuatan. Menjelang pidato, ia bertemu dengan Ketua Majelis Nasional Korsel Kim Jin-pyo dan anggota parlemen lainnya.

Mereka terutama membahas bagaimana memperluas kerja sama kesehatan dan perincian tentang peran yang lebih besar bagi Korsel. Selama pembicaraan, Gates menyerukan peningkatan dana untuk kelompok-kelompok yang membantu meningkatkan kondisi kesehatan di negara-negara miskin dan mencegah pandemi, dan bertanya apakah Korsel akan dapat meningkatkan bantuan internasionalnya menjadi 1,3 persen dari PDB.

Anggota parlemen Korsel mengatakan ada konsensus untuk meningkatkan bantuan. Parlemen juga berjanji untuk memainkan peran utama dalam menanggapi pandemi global dengan memperluas partisipasinya dalam dana Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) mulai tahun depan.

Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi adalah yayasan yang bekerja dengan organisasi publik, swasta, filantropi, dan masyarakat sipil untuk mengembangkan vaksin melawan epidemi di masa depan. Gates juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Yoon Suk-yeol pada Selasa.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِعْلَمُوْٓا اَنَّمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَّلَهْوٌ وَّزِيْنَةٌ وَّتَفَاخُرٌۢ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِى الْاَمْوَالِ وَالْاَوْلَادِۗ كَمَثَلِ غَيْثٍ اَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُوْنُ حُطَامًاۗ وَفِى الْاٰخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيْدٌۙ وَّمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانٌ ۗوَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ
Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.

(QS. Al-Hadid ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement