Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

 

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

5 Alasan Makanan dengan Cara Dikukus Baik untuk Kesehatan

Selasa 16 Aug 2022 17:09 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda

Mengukus (ilustrasi). Memasak dengan cara dikukus bisa membuat tubuh sehat dan menurunkan berat badan.

Mengukus (ilustrasi). Memasak dengan cara dikukus bisa membuat tubuh sehat dan menurunkan berat badan.

Foto: Wikihow
Proses mengukus mempertahankan vitamin dan mineral penting khususnya dalam sayuran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun menyukai diet sehat, kunci untuk mendapatkan yang terbaik dari semua yang Anda makan terletak pada gaya memasak juga. Memasak dengan cara dikukus bisa membuat tubuh sehat dan menurunkan berat badan.

 

Dilansir dari healthshots pada Selasa (16/8/2022), steamer adalah peralatan memasak yang vital di mana pengukusan makanan berlangsung. Karena proses ini tidak menggunakan minyak, ini dianggap sebagai alternatif yang sehat untuk memasak tradisional. Steamer biasanya merupakan wadah terkunci yang berisi air di bagian bawahnya, sedangkan bagian atasnya adalah tempat menyimpan makanan untuk dikukus.

Berikut adalah lima alasan makanan dengan cara dikukus baik untuk kesehatan yaitu:

1. Menjaga vitamin dan mineral tetap utuh

Metode memasak konvensional seperti menggoreng atau merebus sangat sedikit membantu dalam menjaga kualitas gizi makanan. Proses mengukus mempertahankan vitamin dan mineral penting yang ditemukan dalam sayuran. Mengukus lebih lanjut memperkuat kekuatan vitamin tertentu seperti Vitamin B, tiamin, niasin, dan Vitamin C. Juga, beberapa mineral seperti kalium, kalsium, fosfor dan seng tetap utuh.

2. Tidak memerlukan minyak

Metode mengukus, seperti namanya, hanya menggunakan uap untuk memasak makanan tanpa perlu minyak, sesuatu yang merupakan bahan pokok untuk menggoreng. Makanan yang disiapkan dengan cara dikukus memiliki kandungan lemak yang rendah dibandingkan makanan yang dimasak menggunakan minyak, oleh karena itu menjadi solusi yang menguntungkan bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan!

3. Membuat makanan mudah dicerna

Proses pengukusan membuat sayuran dan buah yang dimasak menjadi lembut. Sehingga mudah dicerna oleh tubuh Anda. Dengan cara ini, tubuh Anda dapat menikmati semua kebaikan nutrisi dengan mulus.

4. Opsi serbaguna yang memungkinkan pencucian mudah

Keuntungan utama dari proses pengukusan adalah bahwa banyak sayuran dapat dikukus pada saat yang sama tanpa transfer rasa. Seperti memasak biasa dalam minyak atau air, bejana kukus mudah dibersihkan karena tidak ada zat lengket yang perlu dibersihkan.

5. Membantu jaga kolestrol tetap terkendali

Memasak makanan dengan bantuan metode mengukus menjaga kolesterol tetap terkendali. Ini karena tidak ada penggunaan minyak saat memasak. Makanan disiapkan murni dengan bantuan uap. Karena metode mengukus menjauhkan penggunaan minyak, seseorang dilarang mengonsumsi lemak tambahan atau minyak jenuh yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile