Selasa 16 Aug 2022 20:55 WIB

Turnamen Golf Wanita Profesional Asia Berhadiah Rp 11,5 Miliar akan Digelar di Indonesia

Simone Asia Pacific Cup 2022 akan digelar pada 18-20 Agustus 2022.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pegolf top akan mengikuti turnamen Simone Asia Pacific Cup yang akan diselenggarakan di Pondol Indah Golf Course, Jakarta, pada 18-20 Agustus 2022
Foto: Dok. LAT
Para pegolf top akan mengikuti turnamen Simone Asia Pacific Cup yang akan diselenggarakan di Pondol Indah Golf Course, Jakarta, pada 18-20 Agustus 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia kembali akan menjadi tuan rumah digelarnya turnamen golf kelas internasional pada bulan ini. Setelah awal bulan ini Indonesia Open 2022 sukses dihelat, kini Indonesia, tepatnya Pondok Indah Golf Course, Jakarta, akan jadi tempat digelarnya Simone Asia Pacific Cup.

Turnamen yang akan diselenggarakan pada 18-20 Agustus 2022 ini menjadi ajang golf profesional ladies paling bergengsi yang pernah diselenggarakan di Indonesia. 

Baca Juga

Ini merupkan bagian dari turnamen Ladies Asian Tour (LAT) Series yang pertama kali digelar di luar Korea.

Pemain-pemain top LPGA akan ikut berkompetisi dalam turnamen berhadiah total 750 ribu dollar Amerika Serikat (AS) atau Rp 11,25 miliar ini. Lydia Ko asal Selandia Baru, akan bersaing dengan duo pegolf Korea Selatan, Hyo Joo Kim dan So Yeon Ryu, serta Hinako Shibuno dari Jepang. 

Lydio Ko merupakan pemain yang memiliki karir fantastis. Dia menjadi pemain nomor satu dunia pada 2 Februari 2015 saat usianya masih sangat belia, 17 tahun. Dia juga memenangkan dua gelar Major, yaitu The Evian Championship 2015 dan ANA Inspiration 2016. Meraih medali perak di Olimpiade 2016 dan medali perunggu di Olimpiade 2020. 

Hyo Joo Kim merupakan juara Lotte Championship presented by Hoakalei 2022 dan juara Evian Championship 2014. So Yeon Ryu menjuarai US Women’s Open 2011 dan ANA Inspiration 2017. Hinako Shibuno juara Women’s British Open 2019. 

Selain itu juga akan tampil bintang-bintang regional, yaitu Jaravee Boonchant dari Thailand, Cassie Porter dari Australia, Diksha Dagar dari India, Cheng-Hsuan Shih dari China Taipei dan Natasha Andrea Oon dari Malaysia. Mereka juga akan membuktikan bahwa mereka tidak mudah dikalahkan oleh pesaing yang lebih terkenal. 

Empat pegolf profesional Indonesia yang akan ikut berkompetisi adalah Tatiana Wijaya, Dea Mahendra, Putri Aisyah Amani, dan Ida Ayu Indira Melati Putri. Selain itu dua pegolf amatir yang mewakili Indonesia adalah Kristina Natalia Yoko dan Patricia Walanda Sinolungan. 

“Kami berharap LAT Series akan mendukung perkembangan golf ladies di Asia Pasific. Kami mengucapkan terima kasih kepada R&A atas dukungan mereka dan atas kesempatan bekerja sama dengan berbagai asosiasi golf di Asia Pasific, dan juga kepada sponsor,” kata Presiden Asia Pacific Golf Platform (APGP) Kang Hyungmo yang juga mantan Wakil Presiden Asosiasi Golf Profesional Korea (KPGA). APGP merupakan anak perusahaan dari Asia Golf Leaders Forum (AGLF) yang merndirikan LAT Series. 

Sebanyak 37 pegolf profesional dari total 44 pegolf yang mengikuti kompetisi 54 hole ini dipastikan mendapatkan hadiah uang. Dari total 750 ribu dolar AS, sebanyak 500 ribu dolar AS akan dibagi untuk pegolf profesional. Turnamen ini dilakukan hanya tiga hari tanpa ada cut-off. Artinya, seluruh peserta akan terus bermain hingga hari terakhir.

Juara perorangan akan mendapatkan hadiah sebesar 100 ribu dolar AS atau Rp 1,5 miliar. Runner up mendapat 57.500 dolar AS. Semua peserta yang bermain full di 54 hole minimal akan mendapatkan 5.860 dolar AS atau sekitar Rp 85 juta. 

Jumlah ini jauh lebih besar dari turnamen sebelumnya yang diselenggarakan di Singapura dan Thailand awal tahun ini, yaitu 3.707 dolar AS dan 4.051 dolar AS untuk pegolf yang menempati peringkat terbawah. 

Sisanya, 250 ribu dolar AS, untuk kategori tim yang diikuti 16 negara, yaitu Korea Selatan, Jepang, Thailand, Indonesia, Selandia Baru, Australia, Vietnam, India, Singapura, Malaysia, Filipina, China, Taipei, Myanmar, Hongkong, dan Amerika Serikat.

Semua pemain yang timnya masuk top 15 akan mendapatkan hadiah tambahan yang jumlah pembagiannya akan ditentukan oleh Asian Golf Leaders Forum (AGLF) selaku event organizer turnamen ini. 

Ladies Asian Tour (LAT) merupakan penyelenggara turnamen-turnamen golf untuk para pegolf Asia. LAT bekerja sama dengan sanction body negara-negara di Asia. Jadwal turnamen LAT selanjutnya adalah Hana Bank Group Championship pada bulan September dan Hana Financial Group Singapore Women’s Open pada bulan Desember. 

Title sponsor Simone merupakan perusahaan global di industri luxury fashion. Perusahaan ini merupakan produsen tas mewah Original Design Manufacturer (ODM) nomor satu di dunia. Detail produk dan layanan Simone tersedia di situs web resmi mereka www(dot)simone(dot)co(dot)kr

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement