Rabu 17 Aug 2022 01:20 WIB

Pemuda Muslim Selamatkan Lima Anak di Kebakaran Gereja Koptik Mesir

Sedikitnya 40 orang tewas dan 45 luka-luka dalam kebakaran di Gereja Koptik Mesir.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Kebakaran
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Seorang pemuda Muslim Mesir menyelamatkan lima anak dari kebakaran di Gereja Koptik Abu Sefein di Kota Giza, yang terletak di pinggiran Kairo. Pemuda itu bernama Muhammad Yahya, yang tinggal di sebelah gereja.

Ketika mendengar teriakan dari dalam gereja, dia bergegas menuju gedung. "Saya segera memasuki gereja untuk menyelamatkan orang-orang. Dan saya menemukan banyak api dan asap," katanya, seperti dilansir Khaleej Times, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga

Yahya kemudian merendam kaosnya ke dalam air, lalu meletakkannya di atas hidungnya selama proses penyelamatan. Ini dilakukan agar penglihatannya tidak terhalang asap dan tidak menyulitkan dirinya untuk bernafas.

Namun pemuda itu terluka saat dia mencoba menggendong seorang laki-laki tua di punggungnya. Tetapi ia terpeleset karena banyaknya air yang digunakan untuk memadamkan api. Mereka berdua jatuh ke tanah dan Yahya mengalami patah kaki saat melakukan pertolongan.

Kini Yahya berada di rumah sakit. Dia telah dikunjungi oleh para imam di rumah sakit, yang ingin memeriksa kesehatannya dan berterima kasih atas keberaniannya.

Sedikitnya 40 orang tewas dan 45 luka-luka dalam kebakaran yang terjadi pada Ahad (14/8/2022) itu. Dua sumber keamanan mengatakan kebakaran terjadi selama Misa yang dihadiri oleh 5.000 orang di Gereja Koptik Abu Sifin di lingkungan Imbaba.

Koptik adalah komunitas Kristen terbesar di Timur Tengah. Setidaknya 10 juta dari 103 juta penduduk Mesir menganut Kristen Koptik. Mesir telah mengalami beberapa kebakaran mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Maret 2021, setidaknya 20 orang tewas dalam kebakaran di sebuah pabrik tekstil di pinggiran timur Kairo. Kemudian pada 2020, dua kebakaran rumah sakit menewaskan 14 pasien Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement