Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

 

11 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Jokowi dan Iriana Kenakan Pakaian Adat Buton

Rabu 17 Aug 2022 04:22 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Reiny Dwinanda

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara, Rabu (17/8/2022).

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara, Rabu (17/8/2022).

Foto: Dok Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presid
Jokowi mengenakan pakaian adat dolomani dari Buton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti biasa, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat saat memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta. Kali ini, pakaian tradisional Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara menjadi pilihannya.

 

"Ini baju Dolmani dari Buton," ucap Jokowi singkat sebelum upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI dimulai,Rabu (17/8/2022).

Baca Juga

Baju Dolomani dari Buton yang dipakai Jokowi berbentuk jubah panjang warna merah dengan ornamen putih di sepanjang pinggiran jubah. Presiden juga mengenakan celana merah dengan ornamen putih senada.

Di dalam jubah merah panjang, Presiden Jokowi menenakan kemeja putih gading berhias payet yang tampak serasi dengan ornamen jubah. Tidak ketinggalan tutup kepala bundar, masih dengan ornamen putih dan sarung berwarna hitam dan putih.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga mengenakan pakaian tradisional Buton. Ia memakai baju atasan dan bawahan berwarna biru cerah dengan ornamen emas yang menghiasi permukaan baju.

Ibu Negara juga mengenakan syal biru emas dan juga sapu tangan dengan warna senada. Tidak ketinggalan Ibu Negara memakai mahkota emas di kepala dengan ukuran cukup besar.

Jokowi tampak didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang juga mengenakan pakaian adat saat menyapa awak media yang menunggu di samping Istana Merdeka. Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ini turut dihadiri para tokoh dan pejabat negara, seperti Wapres ke-6 Try Sutrisno dan Ketua MK Anwar Usman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile