Rabu 17 Aug 2022 10:05 WIB

Pandji Pragiwaksono: Indonesia Terbilang Muda, Masih Berproses

Menurut Pandji, usia Indonesia terbilang muda.

Red: Reiny Dwinanda
Komika Pandji Pragiwaksono menilai Indonesia masih muda dibandingkan
Foto: ROL/Abdul Kodir
Komika Pandji Pragiwaksono menilai Indonesia masih muda dibandingkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komika Pandji Pragiwaksono menyebut bahwa usia Republik Indonesia yang pada tahun ini mencapai 77 dapat dikatakan terbilang muda. Menurutnya, alangkah baiknya apabila masyarakat Tanah Air menilai negaranya sebagai sesuatu yang masih berproses.

"Yang harus kita nilai dari Indonesia itu bukan apa yang kita lihat hari ini, tapi arah pertumbuhannya karena Indonesia itu belum 'barang jadi'," ujar Pandji ketika ditanya makna peringatan 17 Agustus baginya saat ditemui Antara beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca Juga

"Jangan menilai Indonesia kayak (seolah-olah) 'Orang kenapa buruk banget?. Kita masih berproses. Kita mesti nilai arahnya bener apa enggak. Kalau arahnya benar, itu yang kita jaga terus," ujarnya.

Pandji menyebut bahwa saat ini banyak orang memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap Indonesia. Hal tersebut, menurut Pandji, memang wajar akan tetapi juga perlu diingat bahwa usia negara ini masih muda.

"Kita mesti ingat bahwa ini negara muda banget, lho. (Bahkan) Amerika itu merdeka tahun 1776," tuturnya.

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Pandji mengaku dirinya tak melakoni aktivitas khusus bersama keluarga, termasuk tak mengikuti lomba 17-an di sekitar kediamannya. Sebab, ia masih sibuk dengan pertunjukan komedi tunggal (stand up comedy) di beberapa kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement