Rabu 17 Aug 2022 13:39 WIB

Peduli Terhadap Kesenjangan Alam, Bakrie Amanah Lakukan Penanaman 1.000 Pohon Mangrove

Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem alam yang penting bagi lingkungan

Red: Gita Amanda
Bakrie Amanah bersama dengan stakeholder lainnya melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 1.000 bibit pohon di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.
Foto: Bakrie Amanah
Bakrie Amanah bersama dengan stakeholder lainnya melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 1.000 bibit pohon di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Tingginya tingkat emisi yang mempengaruhi kadar kualitas oksigen di dunia tak terkecuali di Indonesia. Tentu masalah ini menjadi salah satu perhatian khusus untuk seluruh manusia di muka bumi. Dalam menanggapi hal tersebut Bakrie Amanah bersama dengan stakeholder lainnya melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 1.000 bibit pohon di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Penanaman mangrove yang dilakukan Bakrie Amanah ini dilakukan dengan berkolaborasi oleh banyak pihak diantaranya Universitas Bakrie, PT Bumi Resources Minerals Tbk dan Komunitas Lindungi Hutan. Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem alam yang sangat penting, selain itu hutan mangrove juga berfungsi sebagai sumber makanan, tempat tinggal hewan laut, tempat mencari makan, serta daerah berbagai jenis ikan, udang, dan biota lainnya. Itu sebabnya, penanaman mangrove untuk rehabilitasi ekosistem yang rusak menjadi sangat penting.

Menurut Program Div. Head Bakrie Amanah, Mochamad Noerhakim aktifitas kegiatan yang dilakukan Bakrie Amanah penanaman 1.000 pohon mangrove merupakan salah satu bentuk komitmen Bakrie Amanah dalam menjaga kelestarian alam dan ekosistem di wilayah pesisir pantai khususnya. Selain itu kegiatan ini juga mendukung program pemerintah dalam upaya pemulihan lingkungan melalui rehabilitasi mangrove.

photo
Bakrie Amanah bersama dengan stakeholder lainnya melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 1.000 bibit pohon di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. - (Bakrie Amanah)

 

Tak hanya sampai disini, program kegiatan tanam pohon yang dilakukan Bakrie Amanah. Ditargetkan pada tahun 2022 mencapai sebanyak 8.000 bibit pohon yang akan ditanam di beberapa wilayah.

“Ya, kenapa ditahun ini kami menargetkan sebanyak 8.000 penanaman bibit pohon, hal ini juga bertepatan dalam menyemarakan HUT Bakrie yang ke 80 tahun. Dan program penanaman 1.000 pohon mangrove ini merupakan awalannya saja nantinya akan nada bibit-bibit pohon baru yang akan tumbuh,” ujar Hakim, dalam siaran persnya.

Seperti yang diketahui pohon mangrove sendiri dapat mencegah terjadinya abrasi, mengurangi pencemaran laut dengan berperan sebagai biofilter mereduksi logam berat berlebih dari darat yang masuk ke laut, dan mampu meningkatkan kadar oksigen sehingga kesehatan lingkungan lebih terjaga. Dengan tingkat pemanasan global serta efek rumah kaca yang terjadi saat ini, pohon mangrove menjadi salah satu tumbuhan yang sangat penting untuk dilestarikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement