Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Peduli Terhadap Kesenjangan Alam, Bakrie Amanah Lakukan Penanaman 1.000 Pohon Mangrove

Rabu 17 Aug 2022 06:39 WIB

Red: Gita Amanda

Bakrie Amanah bersama dengan stakeholder lainnya melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 1.000 bibit pohon di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Bakrie Amanah bersama dengan stakeholder lainnya melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 1.000 bibit pohon di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Foto: Bakrie Amanah
Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem alam yang penting bagi lingkungan

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Tingginya tingkat emisi yang mempengaruhi kadar kualitas oksigen di dunia tak terkecuali di Indonesia. Tentu masalah ini menjadi salah satu perhatian khusus untuk seluruh manusia di muka bumi. Dalam menanggapi hal tersebut Bakrie Amanah bersama dengan stakeholder lainnya melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 1.000 bibit pohon di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

 

Penanaman mangrove yang dilakukan Bakrie Amanah ini dilakukan dengan berkolaborasi oleh banyak pihak diantaranya Universitas Bakrie, PT Bumi Resources Minerals Tbk dan Komunitas Lindungi Hutan. Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem alam yang sangat penting, selain itu hutan mangrove juga berfungsi sebagai sumber makanan, tempat tinggal hewan laut, tempat mencari makan, serta daerah berbagai jenis ikan, udang, dan biota lainnya. Itu sebabnya, penanaman mangrove untuk rehabilitasi ekosistem yang rusak menjadi sangat penting.

Menurut Program Div. Head Bakrie Amanah, Mochamad Noerhakim aktifitas kegiatan yang dilakukan Bakrie Amanah penanaman 1.000 pohon mangrove merupakan salah satu bentuk komitmen Bakrie Amanah dalam menjaga kelestarian alam dan ekosistem di wilayah pesisir pantai khususnya. Selain itu kegiatan ini juga mendukung program pemerintah dalam upaya pemulihan lingkungan melalui rehabilitasi mangrove.

photo
Bakrie Amanah bersama dengan stakeholder lainnya melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 1.000 bibit pohon di Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. - (Bakrie Amanah)
 

Tak hanya sampai disini, program kegiatan tanam pohon yang dilakukan Bakrie Amanah. Ditargetkan pada tahun 2022 mencapai sebanyak 8.000 bibit pohon yang akan ditanam di beberapa wilayah.

“Ya, kenapa ditahun ini kami menargetkan sebanyak 8.000 penanaman bibit pohon, hal ini juga bertepatan dalam menyemarakan HUT Bakrie yang ke 80 tahun. Dan program penanaman 1.000 pohon mangrove ini merupakan awalannya saja nantinya akan nada bibit-bibit pohon baru yang akan tumbuh,” ujar Hakim, dalam siaran persnya.

Seperti yang diketahui pohon mangrove sendiri dapat mencegah terjadinya abrasi, mengurangi pencemaran laut dengan berperan sebagai biofilter mereduksi logam berat berlebih dari darat yang masuk ke laut, dan mampu meningkatkan kadar oksigen sehingga kesehatan lingkungan lebih terjaga. Dengan tingkat pemanasan global serta efek rumah kaca yang terjadi saat ini, pohon mangrove menjadi salah satu tumbuhan yang sangat penting untuk dilestarikan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile