Rabu 17 Aug 2022 20:38 WIB

Cara Membagikan Kata Sandi Internet di iPhone

Apple sebenarnya meluncurkan fitur berbagi kata sandi kembali sejak 2017.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Iphone memiliki fitur yang memungkinkan Anda membagikan kata sandi untuk jaringan Wi-Fi apa pun yang Anda hubungkan dengan pengguna Apple lain hanya dengan satu ketukan.
Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Iphone memiliki fitur yang memungkinkan Anda membagikan kata sandi untuk jaringan Wi-Fi apa pun yang Anda hubungkan dengan pengguna Apple lain hanya dengan satu ketukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bosan membaca campuran huruf dan angka yang rumit atau lebih buruk lagi, harus bangun dan memeriksa secara fisik bagian belakang router Anda, setiap kali tamu meminta kata sandi Wi-Fi? Ternyata iPhone Anda dapat melakukannya untuk Anda.

Dilansir dari Trusted Reviews, Rabu (17/8/2022), Apple sebenarnya meluncurkan fitur berbagi kata sandi kembali pada 2017 bersama iOS 11 dan macOS High Sierra, yang berarti Anda mungkin telah mengingat kata sandi Anda selama bertahun-tahun. Fitur ini pada dasarnya memungkinkan Anda membagikan kata sandi untuk jaringan Wi-Fi apa pun yang Anda hubungkan dengan pengguna Apple lain hanya dengan satu ketukan.

Baca Juga

Yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth di kedua ponsel dan memeriksa Personal Hotspot Anda dimatikan. Anda juga ingin memastikan alamat email yang terkait dengan akun iCloud mereka disimpan di bawah kontak mereka di ponsel Anda, dan sebaliknya.

Sebaiknya periksa juga perangkat Anda diperbarui ke iOS, iPadOS, atau macOS versi terbaru. Untuk menggunakan fitur ini yang diperlukan adalah dua iPhone. Kemudian, kata sandi Wi-Fi yang ingin Anda bagikan.

Pertama, buka aplikasi Settings di kedua iPhone. Ini adalah saat yang tepat untuk memeriksa apakah kedua ponsel telah mengaktifkan Bluetooth dan fitur Personal Hotspot dimatikan. Jika Anda belum melakukannya, Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki email iCloud satu sama lain yang disimpan ke Contacts Anda.

Kedua, ketuk Wi-Fi di ponsel yang sudah memiliki kata sandi. Ponsel lain tidak perlu melakukan apa pun pada tahap ini.

Ketiga, di ponsel yang sama, periksa apakah Anda terhubung ke jaringan yang ingin Anda bagikan kata sandinya. Jika tidak, ketuk jaringan itu untuk terhubung.

Keempat, di ponsel lain, ketuk Wi-Fi. Kelima, ketuk Share Password di ponsel yang sudah terhubung. Anda akan melihat opsi tersebut secara otomatis muncul di pop-up.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ ۗ فَاِنْ اُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ وَلَا تَحْلِقُوْا رُءُوْسَكُمْ حَتّٰى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهٗ ۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ بِهٖٓ اَذًى مِّنْ رَّأْسِهٖ فَفِدْيَةٌ مِّنْ صِيَامٍ اَوْ صَدَقَةٍ اَوْ نُسُكٍ ۚ فَاِذَآ اَمِنْتُمْ ۗ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ اِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗذٰلِكَ لِمَنْ لَّمْ يَكُنْ اَهْلُهٗ حَاضِرِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Tetapi jika kamu terkepung (oleh musuh), maka (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka dia wajib berfidyah, yaitu berpuasa, bersedekah atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, maka barangsiapa mengerjakan umrah sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Tetapi jika dia tidak mendapatkannya, maka dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (musim) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itu seluruhnya sepuluh (hari). Demikian itu, bagi orang yang keluarganya tidak ada (tinggal) di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukuman-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 196)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement