Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

 

6 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Putri Diana Alami 'Penyakit Rahasia' Sepekan Usai Pertunangan, Butuh 10 Tahun Buat Sembuh

Kamis 18 Aug 2022 01:03 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Pangeran Charles dan Putri Diana berpose bersama pada hari pengumuman pertunangan mereka, Istana Buckingham, Inggris, 24 Februari 1981. Dalam buku Diana: Her True Story terungkap bahwa kata-kata Pangeran Charles membuat Diana bergulat dengan gangguan makan selama satu dekade.

Pangeran Charles dan Putri Diana berpose bersama pada hari pengumuman pertunangan mereka, Istana Buckingham, Inggris, 24 Februari 1981. Dalam buku Diana: Her True Story terungkap bahwa kata-kata Pangeran Charles membuat Diana bergulat dengan gangguan makan selama satu dekade.

Foto: EPA
Butuh satu dekade bagi Putri Diana untuk mengatasi 'penyakit rahasianya'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kisah Putri Diana kembali mencuat menjelang 25 tahun peringatan kematiannya. Diana yang meninggal dalam kecelakaan mobil saat menghindar dari kejaran paparazi pada 31 Agustus 1997 pernah membuat pengakuan tentang "penyakit rahasia" yang dideritanya sepekan setelah bertunangan dengan Pangeran Charles.

 

Dalam biografi lengkap yang ditulis oleh Andrew Morton pada 1992, Putri Diana mengungkapkan melalui rekaman suaranya sendiri bahwa gangguan makannya dimulai pada saat usianya 19 tahun. Diana mengaku mengalami bulimia sepekan setelah ia bertunangan dengan Pangeran Charles.

Baca Juga

Butuh hampir satu dekade bagi Diana untuk mengatasinya. Dalam buku Diana: Her True Story terungkap bahwa suatu hari Charles meletakkan tangannya di pinggang Diana dan berkata 'Oh, agak gemuk di sini ya'.

"Dan itu memicu sesuatu dalam diri saya... Apalagi ketika muncul masalah soal Camilla," kata Diana yang bergelar Princess of Wales dalam buku itu.

Pangeran Charles terkenal berselingkuh dengan Camilla Parker Bowles yang kemudian dinikahinya pada 2005. Pada 1995, pewawancara BBC, Martin Bashir, dengan lugas bertanya kepada Putri Diana untuk mengonfirmasi kabar yang menyebut dirinya menderita bulimia.

"Ya, benar. Saya menderita bulimia selama beberapa tahun. Dan itu seperti 'penyakit rahasia'. Kalian harus tahu bahwa ketika kalian menderita bulimia, kalian sangat malu pada diri sendiri dan membenci diri sendiri (dan orang-orang mengira kalian membuang-buang makanan), jadi kalian tidak membicarakan penyakit itu dengan orang lain," kata Diana.

Diana juga menjelaskan beberapa hal tentang bulimia, salah satunya adalah berat badan selalu tetap sama. Ini berbeda dengan anoreksia di mana badan akan tampak menyusut.

"Jadi saya bisa berpura-pura sepanjang waktu. Tidak ada bukti," kata ibu dari Pangeran Harry dan William itu.

Sebaliknya, perancang yang mendesain gaun pengantin Putri Diana, Elizabeth Emanuel, menyatakan buktinya sebetulnya terlihat jelas. Ia mendapati bahwa ketika memulai fitting gaun pengantin, lingkar pinggang Diana berukuran 63,5 cm hingga 68,58 cm dan menyusut menjadi 58 cm pada Juli 1981, menjelang hari pernikahan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile