Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mengenal dan Memanfaatkan Kredit Cicilan 0%

Kamis 18 Aug 2022 07:00 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Foto: Cermati
Ingin menikmati program cicilan 0% yang ada banyak di mana-mana? Artikel ini akan membantu anda mengetahui tentang beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai cicilan 0%.

Saat ini banyak sekali promo dari kartu kredit yang mengumbar cicilan 0% baik itu untuk produk fashion, elektronik hingga tiket pesawat. Ketika berbelanja di toko supermarket besar banyak dipasang standing banner promo program tersebur yang berukuran cukup besar.

Sudah pasti ada banyak orang yang akan tertarik dengan promo tersebut, bahkan mungkin kamu sendiri. Kamu akan berpikir akan sangat menguntungkan jika membeli barang dengan harga cash tetapi pembayarannya bisa dicicil 12X tanpa ada tambahan sama sekali.

Ini seperti membeli barang secara kredit, tetapi tanpa dikenakan bunga. Dengan mengikuti program ini uang jatah bulanan tidak akan terkuras habis, dan tabungan masih utuh. Misalnya ingin membeli HP dengan harga Rp6 juta, sedangkan gaji cuma Rp2 juta. Dengan gaji sebulan cuma Rp2 juta, kamu terpaksa harus mengambil tabungan jika ingin membeli secara tunai.

Sedangkan bila membeli HP tersebut secara kredit, harga ponsel Rp6 juta bisa menjadi Rp8 juta pada total akhir cicilan. Tetapi dengan program cicilan 0% kartu kredit, ponsel harga Rp6 juta dapat dicicil 6X, dengan cicilan per bulan sebesar Rp1 juta. Jadi, tinggal sisihkan Rp1 juta dari gaji setiap bulan, dan tidak perlu lagi mengambil tabungan.

Menarik bukan, bisa membeli ponsel baru secara kredit tetapi dengan harga tunai dan tabungan tetap utuh.

Tetapi jangan terburu buru mengambil program cicilan 0% kartu kredit tersebut, jika belum mengerti apa itu cicilan 0% itu?  Serta bagaimana cara mendapatkan cicilan 0% itu?

 

Pengertian Cicilan 0%

Cicilan 0%

Cilcilan 0% adalah sebuah skema cicilan yang memperbolehkan kamu menggunakan kartu kredit untuk membeli sebuah barang dengan cara mengangsurnya perbulan atau bahkan pertahun untuk melunasi total harga pembelian.

Nah, cicilan 0% memungkinkan angsuran tersebut dicicil tanpa adanya bunga atau yang disebut bunga 0%. Jadi selama periode cicilan, tidak akan ditagih bunga sama sekali atas pembelian produk yang menggunakan program tersebut.

Cara Kerja Cicilan 0%

Ketika  akan membeli sebuah barang dengan program cicilan 0%, maka jumlah uang yang ditagihkan tidak akan berubah. Sebagai contoh, apabila  membeli sebuah barang dengan harga 12 juta rupiah dan memilih untuk melunasi jumlah tersebut selama 12 bulan, maka perbulannya kamu akan ditagih sebesar satu juta rupiah. Tidak akan ada bunga yang ditagihkan.

Setelah tagihan tersebut datang, maka wajib melunasi cicilan perbulannya tepat pada waktunya. Pastikan jumlah uang yang dibayar sesuai dengan tagihan yang dikehendaki di awal transaksi. Seperti contoh di atas, jika membayar sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan, maka kamu hanya harus membayar sebesar satu juta rupiah.

Apabila telah melewati waktu atau jatuh tempo, maka akan dikenakan bunga sesuai dengan kebijakan kartu kredit. Kemudian, pastikan bank yang digunakan atau bank penerbit kartu kredit telah banyak bekerja sama dengan toko-toko atau vendor yang menawarkan cicilan 0% tersebut, sehingga bisa menikmati program menarik ini.

Cara Mendapatkan Cicilan 0%

Biasanya toko-toko yang menawarkan program cicilan 0% memasang tanda atau papan pengumuman yang menunjukkan bahwa toko tersebut bekerja sama dengan pihak bank untuk menjalankan cicilan 0%. Agar bisa tahu lebih banyak, ada baiknya memeriksa lewat internet mengenai toko atau produk apa saja yang bekerja sama dengan bank dalam menawarkan cicilan 0%

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang, sebaiknya memeriksa dulu beberapa persayaratan dan ketentuan yang harus penuhi dalam menjalankan program cicilan 0%. Ada beberapa syarat yang umumnya diberlakukan oleh tiap bank yaitu:

  • Barang yang akan dibeli termasuk ke dalam promosi yang bisa menggunakan cicilan 0%
  • Terdapat minimal pembelian yang harus dipenuhi oleh pembeli untuk mendapatkan program cicilan 0%
  • Jangka waktu yang ditawarkan biasanya dipilih antara 3, 6 atau 12 bulan
  • Untuk beberapa bank akan ada biaya administrasi yang dikenakan dalam program tersebut

Setelah setuju atau telah memenuhi syarat yang diajukan untuk mengikuti program cicilan 0% yang diminta, yang perlu dilakukan adalah melakukan transaksi dengan kartu kredit seperti biasa. Pastikan bahwa kamu telah mengajukan permintaan program cicilan 0% sebagai metode pembayaran.

Setelah adanya kesepakatan antara kamu dengan pihak toko, maka sudah sah menggunakan program cicilan 0% tersebut. Yang perlu diingat adalah untuk membayar tagihan berikutnya tepat pada waktunya.

Baca Juga: Jangan Gegabah, Pahami Dulu 4 Hal Ini Sebelum Tarik Tunai Kartu Kredit

Manfaat Cicilan 0%

manfaat kartu kredit

Manfaat dari cicilan 0% bisa dibagi menjadi dua. Manfaat itu adalah manfaat langsung dan manfaat tidak langsung. Manfaat langsungnya adalah kamu dapat membayar suatu barang yang telah diinginkan dengan cara mencicil tanpa harus membayar biaya tambahan atau tanpa bunga yang besar selama periode waktu yang telah ditentukan. Pembayaran yang dilakukan juga dirasa lebih ringan dan konsumen merasa diuntungkan.

Manfaat tidak langsungnya adalah konsumen bisa menyimpan uang yang sebelumnya akan dibelanjakan untuk membayar total belanjaan suatu barang pada sebuah investasi. Dengan menggunakan program cicilan 0%, konsumen masih memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk berinvestasi seperti membeli emas, atau barang-barang investasi lainnya.

Hal yang Harus Diperhatikan

Selain itu sebaiknya dipelajari dan pertimbangkan dulu hal hal berikut ini :

1. Perhatikan Tempat yang Menyediakan Program Cicilan 0%

Membeli barang dengan menggunakan program cicilan 0% agar lebih ringan dari pada membeli secara tunai. Kamu langsung saja datang ke toko yang menjual barang kebutuhan tersebut, yang memasang banner promo program cicilan 0%, kemudian tanyakan terlebih dahulu apakah program tersebut masih berlaku.

Misalkan ingin membeli mesin cuci dengan program cicilan 0%, pergilah ke toko elektronik yang memasang promo program cicilan 0% tersebut. Tanyakan apakah promo tersebut masih berlaku atau sudah habis masa berlakunya. Terkadang ada beberapa toko yang masa berlaku promo tersebut sudah berakhir, namun banner promo tersebut belum dilepas.

Atau tanyakan ke bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut, toko elektronik mana saja yang menjual mesin cuci dengan program cicilan 0%. Jika ada 2 atau lebih toko elektronik yang menjual mesin cuci dengan program cicilan 0%, kamu dapat kunjungi mereka semua kemudian bandingkan harga jualnya.

Mungkin saja mesin cuci dengan merek yang sama dijual dengan harga yang berbeda antara 1 toko elektronik dengan toko elektronik lainnya. Kamu tinggal pilih toko elektronik yang menjual mesin cuci dengan harga termurah. Dengan demikian kamu akan lebih hemat lagi, karena semua toko elektronik tersebut menawarkan program cicilan 0%.

Baca Juga: Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri dan Biayanya

2. Hati-Hati dengan Biaya Ekstra

Setiap promo pasti ada syarat dan ketentuan berlaku, tidak terkecuali promo program cicilan 0%. Biasanya ada biaya administrasi dan pajak yang harus ditanggung, untuk dibayarkan ke bank penerbit kartu kredit.

Namun jumlahnya kecil, sekitar 3-4% dari total transaksi yang harus dibayar. Kamu tidak perlu khawatir dengan hal ini, sebaiknya lakukan negosiasi dengan toko tentang siapa yang harus menanggung biaya administrasi ini.

Setiap toko punya peraturan yang berbeda beda mengenai biaya administrasi ini, ada beberapa toko yang bersedia menanggung biaya administrasi ke bank penerbit kartu kredit. Pilihlah toko yang bersedia menanggung biaya administrasi tersebut, sehingga bisa lebih berhemat lagi dalam membeli barang baru.

3. Jangan Lupa Bayar Tepat Waktu

Setelah  menentukan pilihan toko yang menjual barang paling murah dan yang bersedia menanggung biaya administrasi ke bank penerbit kartu kredit. Perhatikan serta ingat ingat jumlah tagihan kadan tanggal jatuh temponya. Jangan sampai lupa dan terlambat dalam membayar tagihan kartu kredit.

Apabila sampai terlambat membayar tagihan kartu kredit pasti kena denda. Besarnya denda yang harus dibayar masing masing bank berbeda, tergantung kesepakatan awal dengan pihak bank. Jika terkena denda sia sia saja program cicilan 0%, karena  harus mengangsur tagihan dengan tambahan denda.

Padahal program ini memberikan  kemudahan mengangsur tanpa ada tambahan biaya apapun. Sehingga dengan membayar tepat waktu, cicilan 0% akan tetap 0% tanpa ada tambahan biaya apapun juga.

Pintar dalam Berbelanja

Dengan segala fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan program cicilan 0%, memang memudahkan untuk mendapatkan barang yang anda inginkan. Namun program cicilan 0% ini ibarat pedang bermata dua, khususnya yang tidak bisa menahan keinginan untuk berbelanja, kamu harus tetap cermat dalam berbelanja.

Jangan sampai terbawa suasana dan menuruti hawa nafsu, sehingga membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Mau irit malah harus menanggung beban cicilan banyak hal sekaligus setiap bulan.

Pahami dan teliti kembali syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh bank penerbit kartu kredit dan pihak penjual. Terakhir jangan sampai lupa membayar tagihan tepat waktu setiap bulan, jangan sampai niat awal ingin hemat dengan cicilan 0%, justru pembengkakan tagihan kartu kredit yang didapat.

Saatnya berbelanja dengan cermat. Selamat belanja dan nikmati program cicilan 0% kartu kredit.

Baca Juga: Tips Pintar Menggunakan Kartu Kredit Agar Kamu Makin Untung

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile