Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

6 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Empat Jenis Daging yang Bisa 'Mengacaukan' Tekanan Darah

Kamis 18 Aug 2022 10:47 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Empat menu daging yang dapat berdampak buruk pada tekanan darah. (ilustrasi)

Empat menu daging yang dapat berdampak buruk pada tekanan darah. (ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Penting untuk menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran yang aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki tekanan darah tinggi yang parah menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung dan strok. Jika Anda ingin menghindari risiko ini, penting untuk menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran yang aman.

Selain obat-obatan, ada cara lain untuk menurunkan tekanan darah seperti memperbanyak olahraga serta mengubah pola makan. Penulis Finally Full, Finally Slim and The Portion Teller Plan, dr Lisa R Young, mengungkap empat jenis daging terburuk yang harus Anda hindari untuk menurunkan tekanan darah. Berikut uraiannya:

Baca Juga

1. Daging deli

Daging deli biasanya dapat digunakan untuk membuat sandwich yang cepat, mudah, dan lezat. Namun, kenyamanan tidak selalu lebih baik. "Daging deli sangat diproses dan penuh natrium dan sering mengandung pengawet natrium nitrat," ujar dr Young dikutip dari laman Eat This Not That, Kamis (18/8/2022).

Nitrat telah dikaitkan dengan penyakit jantung. Natrium (garam) yang berlebihan dikaitkan dengan hipertensi. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Mayo Clinic Proceedings, mereka yang mengonsumsi nitrat lebih banyak dibandingkan yang lain berisiko lebih besar mengalami masalah kardiovaskular utama dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit. Dalam artikel lain yang diterbitkan dalam Nutrients Journal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak natrium dikaitkan dengan risiko besar hipertensi.

2. Daging bacon

Daging bacon merupakan salah satu sarapan yang sangat populer. Satu potong bacon dapat menaikkan tekanan darah Anda. "Bacon sarat dengan natrium serta nitrat yang dapat meningkatkan tekanan darah," ujar dr Young.

Satu strip bacon mengandung sekitar 115 miligram sodium. The American Heart Association merekomendasikan orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak mengonsumsi lebih dari 1.500 miligram sodium per hari. Meskipun sedikit di atas tujuh persen dari jumlah yang disarankan, itu bisa bertambah dengan mudah.

Jarang bagi seseorang mengonsumsi hanya sepotong daging asap. Biasanya mereka menyantap dua, tiga, atau empat. Apalagi jika mengonsumsinya dalam bentuk sandwich bacon, selada, dan tomat. Lihat berapa banyak irisan yang Anda makan.

3. Makanan cepat saji

Rantai makanan cepat saji biasanya mendapatkan reputasi negatif untuk semua makanan tidak sehat yang mereka jual. Meskipun mereka telah menjadi lebih baik dalam menjual pilihan makanan yang lebih sehat, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa item menu. Utamanya, ketika Anda melihat kadar tekanan darah.

Secara khusus, dr Young merekomendasikan untuk menjauhi burger keju dan sandwich ayam goreng. "Ini penuh dengan natrium bersama dengan lemak dan kalori, yang semuanya dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi," ujarnya.

4. Hot dog

Sepertinya barbekyu klasik ini harus dikeluarkan dari panggangan. "Hot dog adalah daging olahan tinggi dan sodium tinggi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi," kata dia.

Satu hot dog mengandung 424 miligram sodium, itu sekitar 28 persen dari asupan harian yang direkomendasikan jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Sebaliknya, jika Anda merasa perlu memanggang, pilihlah hamburger, di mana patty daging sapi yang dimasak hanya mengandung sekitar 78 miligram sodium.

Meski demikian, jika Anda memiliki atau berisiko tekanan darah tinggi, yang terbaik adalah menjauhkan daging ini dari diet Anda. Karena meskipun ukurannya tampak kecil, mereka membuat dampak yang lebih besar dari yang Anda kira.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile