Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

8 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Erick Thohir akan Buka Pasar Kopi Indonesia di Belanda

Jumat 19 Aug 2022 06:52 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda

Warga menjemur kopi Arabika di kawasan lereng Gunung Sindoro, Desa Kwadungan, Kledung, Temanggung, (ilustrasi).  Pasar Kopi di Amsterdam ini menjadi langkah dan komitmen bersama bagi BUMN untuk meningkatkan partisipasi Indonesia dalam pasar internasional sebagai global leader.

Warga menjemur kopi Arabika di kawasan lereng Gunung Sindoro, Desa Kwadungan, Kledung, Temanggung, (ilustrasi). Pasar Kopi di Amsterdam ini menjadi langkah dan komitmen bersama bagi BUMN untuk meningkatkan partisipasi Indonesia dalam pasar internasional sebagai global leader.

Foto: ANTARA/Anis Efizudin
Diharapkan dunia internasional tahu Indonesia juga aktor penting pasokan kopi dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dijadwalkan hadir dan membuka secara resmi pameran Pasar Kopi Bertema "Indonesia Coffee Market, Coffee Revolution" di Posthoornkerk, Amsterdam, Belanda pada 1 September hingga 7 September 2022 mendatang.

Pameran ini digelar oleh Roemah Indonesia BV yang didukung Kopi Nusantara untuk memperkenalkan kopi Indonesia mulai dari sejarah produksi kopi hingga berbagai jenis kopi dan produk turunannya. Pada saat bersamaan Roemah Indonesia BV menyajikan beragam kopi asli hasil perkebunan Indonesia kepada para pengunjung.

Dengan pameran ini diharapkan, dunia internasional tahu bahwa Indonesia termasuk aktor penting dalam rantai pasok perdagangan kopi dunia. Selain itu, pameran ini diharapkan bisa memperoleh nilai tambah yang lebih baik dan signifikan bagi perdagangan kopi Tanah Air.

Pada pameran nanti, pengunjung juga diberi kesempatan untuk menyaksikan secara langsung sesi coffee cuping dan coffee pairing sertai menikmati aneka rasa kopi Indonesia yang diseduh pada area unlimited brewing sessions.

"Pelaksanaan Pasar Kopi di Amsterdam diharapkan dapat mempertemukan konsumen mancanegara, khususnya Uni Eropa, dalam menikmati ragam kopi dari Indonesia. Kami juga berharap terjadinya business expansion yang lebih luas, sehingga Indonesia dapat menjadi eksportir utama produk kopi olahan untuk pasar dunia," kata CEO Roemah Indonesia BV, Suryo Tutuko, Kamis (18/8/2022).

Roemah Indonesia BV sejak awal dirancang sebagai tempat produk-produk unggulan Indonesia untuk menembus pasar dunia. Gelaran Pasar Kopi ini bisa menjadi titik kontak yang ideal bagi para petani dan pelaku usaha kopi Indonesia untuk berkiprah di Eropa.

Hal serupa juga disampaikan oleh Tenaga Ahli Menteri BUMN Bidang Global Value Chains, Reynaldi Istanto. Ia menyebut Uni Eropa tercatat sebagai konsumen kopi dunia terbesar, mencapai 2,4 juta ton per tahun atau 24 persen dari total konsumsi kopi dunia.

Reynaldi menilai momen Pasar Kopi di Amsterdam ini menjadi langkah dan komitmen bersama bagi BUMN untuk meningkatkan partisipasi Indonesia dalam pasar internasional sebagai global leader.

"Harapannya ada multiplier effect terhadap kesejahteraan petani karena meningkatnya produktivitas dan kualitas kopi Indonesia seperti tujuan utama yang selalu ditegaskan oleh Menteri BUMN," kata Reynaldi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile