Ada Barisan Alutsista di Pawai Pembangunan HUT RI di Solo

Rep: C02/ Red: Muhammad Fakhruddin

Ada Barisan Alutsista di Pawai Pembangunan HUT RI di Solo (ilustrasi).
Ada Barisan Alutsista di Pawai Pembangunan HUT RI di Solo (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Fauzan

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Pawai pembangunan dalam rangka perayaan HUT ke-77 RI berlangsung secara meriah, Jumat (19/8/2022). Sejumlah Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia) dan kendaraan taktis dari Polri ramaikan Kirab Pawai Pembangunan tersebu.

Kirab dimulai dari Stadion Kota Barat sekitar pukul 15.00 WIB. Ribuan warga menyambut secara antusias dengan memadati sepanjang rute kirab mulai dari Jl Slamet Riyadi, Jl Jenderal Sudirman, hingga pelataran Balaikota Solo.

Rosa Alfiatul Nisa salah satu pengunjung mengatakan ia sengaja datang dari Kartasura untuk menonton pawai itu. Ia mengaku terkesan dengan pawai tersebut.

"Keren pawainya, partisipasi kepolisian dan instansi lain memeriahkan. Walau pun polisi saat ini sedang mengalami permasalahan tapi partisipasinya luar biasa," ujar Rosa.

Baca Juga

Sayangnya pada pukul 17.00 WIB hujan mengguyur Gladak dan sekitarnya. Namun, Rosa mengatakan hal tersebut tidak mempengaruhi warga yang menonton. "Sempat hujan tapi antusiasme kami masih tinggi," imbuh dia.

Setidaknya, kirab diikuti 3.000 an peserta dari berbagai eleman mulai dari TNI AD, TNI AL, Kopassus, Polresta, Brimob, seluruh OPD Pemkot Surakarta, jajaran samping lainnya, hingga komunitas, dan elemen masyarakat itu. 

Dalam pawai tersebut kendaraan perang dan kendaraan taktis dari TNI-Polri melakukan atraksi memukau dari devile. Sontak hal tersebut membuat warga betah berlama-lama meski sempat hujan.

"Kirabnya panjang banget. Keliatannya ini magrib saja belum selesai. Mungkin ini pawai yang paling meriah sejak dimulai lagi belakangan ini," kata Sheila Kusuma, ibu beserta kedua anaknya itu.

Kemeriahan Pawai Pembangunan tidak hanya datang dari aksi peserta kirab. Sebelum pawai dimulai, warga dihibur dengab berbagai penampilan seniman yang ada di sekitar panggung VIP yang didirikan di depan Kantor Perwakikan Bank Indonesia Surakarta. Berbagai kemeriahan itu dilakukan guna mendongkrak semangat warga pasca Pandemi Covid-19 dua tahun ini sesuai dengan tema pawai kali ini yakni, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

"Meriah sekali, dua kali vakum dan hari ini disambut meriah oleh masyarakat. Peserta dari berbagai elemen ini juga sangat luar biasa, kedepan akan kita evaluasi agar lebih baik lagi," kata Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Unjuk Rasa Penembaka Kucing oleh Oknum Brigjen TNI

Mural Bertema Perjuangan di Mamuju Sulawesi Barat

Perayaan HUT Ke-77 RI di KBRI Tunisia Refleksikan Pesan Bung Karno untuk Dunia

HUT Kemerdekaan, Samsung Hadirkan Galaxy Z Flip4 Indonesia Bespoke Edition

Pameran Alutsista di Tangerang Selatan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark