Sabtu 20 Aug 2022 04:30 WIB

Ini Dia Delapan Makanan-Minuman yang dapat Tingkatkan Fungsi Hati

Menu makanan ikan dan ayam ternyata baik bagi fungsi hati

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Penyakit lever atau hati (ilustrasi). ada beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kerja keras hati Anda dan membantu mencegah atau melawan penyakit hati tertentu. Seperti ikan, ayam, teh dan kopi
Foto: Picpedia.org
Penyakit lever atau hati (ilustrasi). ada beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kerja keras hati Anda dan membantu mencegah atau melawan penyakit hati tertentu. Seperti ikan, ayam, teh dan kopi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Organ hati menangani semuanya, mulai dari membuang racun dari darah Anda hingga meningkatkan pencernaan dan menyimpan vitamin untuk digunakan tubuh Anda nanti dan banyak lagi.

Dilansir dari healthclevelandclinic pada Jumat (19/8/2022), ada beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kerja keras hati Anda dan membantu mencegah atau melawan penyakit hati tertentu.

Berikut delapan makanan yang dapat meningkatkan fungsi hati yaitu:

1. Kopi

Secangkir kopi harian Anda bisa melakukan lebih dari sekadar memulai pagi Anda. Serangkaian penelitian menemukan bahwa kopi berkafein biasa dapat berdampak positif pada orang dengan penyakit hati kronis.

Ada banyak bukti untuk kopi dan kesehatan hati dan memiliki berbagai manfaat yang berbeda. Telah terbukti bahwa itu dapat menurunkan enzim hati Anda, yang menunjukkan bahwa itu meningkatkan peradangan di hati Anda.

Bahkan telah direkomendasikan bahwa orang dengan penyakit hati berlemak harus minum tiga cangkir kopi atau lebih sehari. Jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan dengan hati Anda, Anda mungkin tidak perlu minum terlalu banyak tetapi ketahuilah bahwa secangkir kopi Anda dapat membantu meningkatkan fungsi hati Anda.

2. Teh

Teh mungkin memiliki manfaat yang sama untuk hati Anda juga. Sebuah tinjauan tahun 2016 menemukan bahwa teh hijau dapat membantu mencegah kanker hati.

Meskipun ada beberapa penelitian baru yang sedang dilakukan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk sepenuhnya memahami kemungkinan manfaat teh untuk kesehatan hati.

3. Ikan dan Ayam

Satu pekerjaan penting yang dilakukan hati Anda adalah memproses berbagai protein, lemak dan karbohidrat untuk digunakan tubuh Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda ingin memasukkan banyak protein sehat seperti ikan dan ayam ke dalam makanan Anda.

Hati Anda membutuhkan bahan penyusun untuk membuat protein yang penting untuk fungsi normal tubuh Anda. Jadi, makan protein tanpa lemak dalam jumlah yang cukup adalah penting.

4. Zaitun dan Minyak Zaitun

Apakah Anda suka makan buah zaitun langsung dari toples atau minyak zaitun dengan perasan lemon adalah saus salad pilihan Anda, buah yang gurih ini dapat membantu meningkatkan kesehatan hati Anda. Terutama, buah zaitun kaya akan vitamin E dan antioksidan.

Minyak zaitun sangat sehat untuk hati Anda. Minyak zaitun meningkatkan kolesterol baik Anda, yang sebenarnya melindungi hati Anda dari penyakit hati berlemak dan juga baik untuk jantung Anda.

5. Kacang

Kacang bisa mengenyangkan dalam hal nilai gizinya. Mereka tidak hanya memiliki jumlah kolesterol sehat yang baik, tetapi juga mengandung vitamin E yang tinggi, yang telah terbukti membantu orang dengan penyakit hati berlemak.

Kacang juga sangat tinggi proteinnya. Jika Anda memiliki penyakit hati lanjut atau sedang berjuang dengan kehilangan otot yang berhubungan dengan masalah hati Anda, akan sangat membantu untuk makan satu gram protein (atau lebih) untuk setiap kilogram berat badan Anda setiap hari.

6. Sayuran Berdaun

Ada lebih dari cukup alasan untuk menambahkan sayuran hijau ke dalam diet Anda. Karena hati Anda bertanggung jawab atas pembentukan gumpalan darah yang terkontrol dalam tubuh, vitamin K adalah nutrisi penting yang membantu hati Anda dengan peran ini.

Vitamin K dapat menjadi penting untuk fungsi hati Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki bahan yang tepat untuk membuat faktor pembekuan Anda. Hal-hal seperti sayuran hijau dan bayam tinggi vitamin K dan bisa bermanfaat.

7. Berry

Memasukkan antioksidan dalam diet Anda adalah sesuatu yang hati Anda (dan bagian lain dari tubuh Anda) akan berterima kasih.

Antioksidan adalah senyawa yang melindungi dan mengurangi efek peradangan pada hati. Ada banyak antioksidan anti-inflamasi dalam buah-buahan seperti blueberry.

Sementara penelitian lebih lanjut masih diperlukan, serangkaian penelitian pada hewan menunjukkan bahwa cranberry dan blueberry juga dapat meningkatkan kesehatan hati.

8. Havermut

Ada banyak manfaat dari semangkuk oatmeal yang jujur. Sebagian besar karena itu memberi Anda dorongan serat yang sehat. Jika Anda adalah seseorang dengan riwayat penyakit hati kronis, penting untuk memastikan Anda buang air besar secara teratur dan menghindari sembelit.

Jika Anda terlalu sembelit, Anda dapat membangun racun yang biasanya dikeluarkan dari tubuh dengan buang air besar.

Selain itu, sebuah penelitian dari tahun 2017 menunjukkan bahwa karena gandum dan oatmeal kaya akan serat larut yang disebut beta-glukan, mereka juga dapat membantu mencegah obesitas dan peradangan.

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak oatmeal ke dalam diet Anda, coba tambahkan gandum potong saja atau gandum utuh ke keranjang belanja Anda alih-alih oatmeal instan. Dengan cara ini, Anda mengendalikan gula tambahan apa pun dalam diet Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement