Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

 

1 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Basarnas Evakuasi Warga Portugal Jatuh di Jurang Gunung Rinjani

Jumat 19 Aug 2022 15:33 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Suasana perbukitan di Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/4/2020). Kawasan Sembalun yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani itu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Nusa Tenggara Barat.

Suasana perbukitan di Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/4/2020). Kawasan Sembalun yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani itu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Nusa Tenggara Barat.

Foto: Aprillio Akbar/ANTARA FOTO
Korban warga negara asing itu dilaporkan meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengerahkan sebanyak 17 personel untuk mengevakuasi Boaz Bar Anam (37), warga Portugal yang jatuh dan meninggal dunia di jurang Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

 

"Total ada 17 personel kami kerahkan, dikoordinir langsung oleh Kepala Operasi dan Siaga," kata Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit, PH.

Baca Juga

Data Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), korban teregistrasi mendaki melalui pintu masuk Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, pada 18 Agustus 2022.

Sebelum kejadian, korban melakukan swafoto (selfie) dari tepi jurang puncak Gunung Rinjani. Akibat kurangnya memperhatikan faktor keselamatan, warga negara asing tersebut mengalami kecelakaan, sekitar pukul 05.30 Wita.

Kantor SAR Mataram, kata Nanang, menerima laporan kejadian dari petugas BTNGR, Resort Sembalun, pada pukul 10.21 Wita. Dari laporan yang diterima, posisi korban jatuh di lereng bagian barat laut atau arah Danau Segara Anak, Gunung Rinjani.

"Korban jatuh dari ketinggian sekitar 150 meter menyebabkan korban tewas di tempat. Sementara dua rekannya telah dibawa turun oleh guide melalui jalur Bawak Nao Sajang, Sembalun," ujarnya.

Ia mengatakan, menindaklanjuti laporan yang diterima, dua tim rescue dari Kantor SAR Mataram dan Pos SAR Kayangan diberangkatkan menggunakan kendaraan operasional. Mereka dilengkapi peralatan mountaineering, evakuasi, komunikasi, dan peralatan pendukung lainnya.

Tim Kantor SAR Mataram bergabung dengan tim SAR lainnya, yakni TNI, Polri, BTNGR, pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Unit SAR Lombok Timur, EMHC, KUN, dan warga setempat.

"Tim SAR gabungan melakukan pendakian melalui jalur Sembalun menuju lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. Perkiraan tiba di lokasi kejadian besok pagi (Sabtu)," ucapnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile