Jumat 19 Aug 2022 23:42 WIB

Dishub Sulsel Segera Uji Coba Rute Penerbangan Makassar-Bone

Uji coba ini untuk melihat waktu tempuh dan kesiapan bandara di daerah itu.

Red: Fuji Pratiwi
Bandara Sultan Hasanuddin. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan akan melakukan uji coba rute penerbangan Makassar-Bone yang akan dimulai pada 31 Agustus 2022.
Foto: Ist
Bandara Sultan Hasanuddin. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan akan melakukan uji coba rute penerbangan Makassar-Bone yang akan dimulai pada 31 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Selatan akan melakukan uji coba rute penerbangan Makassar-Bone yang akan dimulai pada 31 Agustus 2022.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan (Sulsel) Aruddini dikonfirmasi dari Makassar, Jumat (19/8/2022), mengatakan, uji coba rute penerbangan lokal dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara Arung Palakka Kabupaten Bone itu, untuk melihat waktu tempuh dan kesiapan bandara di daerah itu.

Baca Juga

"Rencananya 31 Agustus, setelah itu kita komunikasikan dengan Pemda Bone untuk proses selanjutnya," kata Aruddin yang berada di Jakarta untuk berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait rencana tersebut.

Ia menjelaskan bahwa pesawat yang akan dipergunakan untuk melakukan uji coba rute penebangan tersebut jenis Twin Otter, mengingat hanya tipe pesawat yang maksimal menampung 17 penumpang ituyang tersedia dan cocok dengan kondisi runway Bandara Arung Palakka Bone

Panjang lintasan atau runway Bandara Arung Palakkasaat ini baru sepanjang 1.200 meter.

"Rencana awal menggunakan pesawat ATR 42 namun persoalannya pesawat jenis ini terbatas di Indonesia dan juga tidak ada yang bersedia terbang, sehingga yang sementara kita gunakan pesawat jenis twin otter dengan kapasitas terbatas," jelasnya.

Pihaknya berharap penerbangan rute Makassar-Bone bisa terbang dua kali sehari agar memenuhi target.

Pemkab Bone tentunya dituntut untuk menyiapkan strategi agar penerbangan rute ini dapat rutin setiap hari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement