Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

 

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Empat Cara Mudah Bagi Anda yang Ingin Turunkan Kolesterol Jahat

Sabtu 20 Aug 2022 04:20 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Cara mudah untuk menurunkan kolesterol jahat.

Cara mudah untuk menurunkan kolesterol jahat.

Foto: Foto : MgRol112
Setiap 1 persen penurunan kolesterol, risiko penyakit jantung berkurang 2 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi terjadi ketika seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darahnya yang dapat menyebabkan sejumlah masalah serius. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain pola makan mengandung terlalu banyak makanan berlemak, kurang berolahraga, obesitas, merokok, minum minuman keras, atau riwayat keluarga.

 

Menurut laman WebMD, untuk setiap satu persen penurunan kolesterol, risiko terkena penyakit jantung berkurang dua persen. Itulah alasan pentingnya menurunkan kolesterol tinggi, apakah ingin mencegah penyakit jantung atau mencoba mencegah kerusakan lebih lanjut setelah serangan jantung.

Baca Juga

Terlepas dari faktor-faktor yang jelas seperti menurunkan berat badan dan berolahraga lebih banyak, ada beberapa cara dapat menurunkan kadar kolesterol seperti dilansir laman Mirror, Jumat (19/8/2022):

1. Makan lebih banyak pektin

Meningkatkan asupan buah selalu merupakan cara pasti untuk sehat, tetapi makan lebih banyak jeruk, terutama kulit putihnya yang pahit, telah terbukti membantu menurunkan kolesterol.  Menurut sebuah studi oleh dokter Belanda, serat yang ditemukan dalam pektin dikatakan membantu menurunkan kolesterol LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol jahat) sebesar 7 persen hingga 10 persen. Pektin membantu mengikat kolesterol dalam makanan sebelum diserap tubuh.

2. Tidur yang cukup

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Cardiovascular Nursing, terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Dalam studi lain ditemukan bahwa pria yang tidur kurang dari enam jam hampir setiap malam, memiliki kolesterol LDL yang lebih tinggi, tetapi wanita yang tidur dengan jumlah yang sama memiliki LDL yang lebih rendah. Menurut penelitian sebelumnya, individu yang tidur kurang dari enam jam setiap malam sangat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

3. Hindari minuman keras

Mengurangi alkohol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. “Ketika Anda minum alkohol, itu dipecah dan dibangun kembali menjadi trigliserida dan kolesterol di hati,” kata Heart UK.

Badan amal kesehatan itu menjelaskan, minum alkohol meningkatkan trigliserida dan kolesterol dalam darah. Jika kadar trigliserida menjadi terlalu tinggi, maka itu dapat menumpuk di hati yang menyebabkan penyakit hati berlemak. “Hati tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya dan tidak dapat menghilangkan kolesterol dari darah Anda, sehingga kadar kolesterol Anda meningkat,” ujar Heart UK.

4. Tambahkan suplemen akar manis ke dalam pola makan

Sejumlah penelitian kecil telah menemukan akar manis mengurangi kolesterol LDL dan penumpukan lemak, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan mengapa dan seberapa baik kerjanya. Satu studi yang diterbitkan di National Library of Medicine menemukan suplementasi akar manis selama satu bulan membantu mengurangi kadar kolesterol plasma sebesar 5 persen, kadar LDL sebesar 9 persen, dan tekanan darah sebesar 10 persen.

Akar licorice dapat berinteraksi secara berbahaya dengan obat lain seperti insulin, pencahar, dan kontrasepsi. Untuk itu, Anda sebaiknya bicarakan dengan dokter sebelum mencobanya. Anda mungkin memerlukan obat untuk menurunkan kolesterol jika kadar kolesterol tidak turun setelah mengubah pola makan dan gaya hidup, atau berisiko tinggi terkena serangan jantung atau strok.

“Statin adalah obat yang paling umum untuk kolesterol tinggi. Itu mengurangi jumlah kolesterol yang dibuat tubuh. Anda minum satu tablet sekali sehari,” kata NHS. Seseorang biasanya harus mengonsumsi statin seumur hidup.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile