Sabtu 20 Aug 2022 22:09 WIB

PSM Naik ke Peringkat Kedua Klasemen Sementara Liga 1

Tambahan tiga poin membawa PSM duduk di peringkat kedua klasemen sementara.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pesepak bola PSM Makassar M. Rizky (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Rans Nusantara Jujun Junaedi (kanan) dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (15/8/2022). PSM Makassar menang dengan skor 2-1.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pesepak bola PSM Makassar M. Rizky (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Rans Nusantara Jujun Junaedi (kanan) dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (15/8/2022). PSM Makassar menang dengan skor 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PSM Makassar berhasil mengamankan poin penuh menjamu Arema FC pada pekan kelima BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu (20/8/2022) sore WIB. Kemenangan 1-0 atas Arema memperpanjang rekor tak terkalahkan tim asuhan Bernardo Tavares.

Tambahan tiga poin membawa PSM duduk di peringkat kedua klasemen sementara dengan perolehan 13 angka. Jumlah yang sama dimiliki Madura United di peringkat pertama, tapi Madura United lebih unggul dalam jumlah selisih gol.

Jalannya laga:

PSM bermain tanpa beberapa pemain utama seperti Adilson Maringa dan Wiljan Pluim. Juku Eja membangun serangan dengan hati-hati di menit-menit awal. Arema bertahan dengan baik dan balik menekan pertahanan PSM.

Peluang dimiliki PSM pada menit ke-9 saat mendapat hadiah tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Arfan mengeksekusi bola mati tersebut tapi tendangannya masih jauh melambung di atas mistar gawang.

Arema melancarkan serangan balik di menit ke-14. Gian Zola mendapatkan ruang tembak di sisi kanan kotak penalti. Tapi tendangannya masih meleset dari sasaran. Lima menit berselang, Agung melakukan percobaan ke gawang Arema tapi berhasil ditangkap oleh Teguh.

Tuan rumah akhirnya memecah kebuntuan. PSM mendapat hadiah penalti di menit ke-40, setelah pelanggaran terhadap Everton. Yuran berhasil memanfaatkan peluang emas dari titik putih dengan tendangan kaki kiri yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang Teguh Amiruddin. Skor berubah 1-0.

Kedua tim bermain terbuka sejak babak kedua dimulai. Peluang emas dimiliki PSM di menit ke-48 saat Ramadhan menerima umpan tarik di mulut gawang Arema. Tapi upayanya sedikit terlambat karena ia mendapat gangguan dari bek Arema dan bola berhasil diamankan dengan cepat oleh Teguh.

Arema mendapatkan peluang di menit ke-52 saat Johan Alfarizi mendapat pelanggaran. Evan Dimas yang mengeksekusi bola mati melepaskan umpan ke tengah kotak tapi hanya menghasilkan tendangan sudut, tapi belum ada upaya lanjutan yang berhasil mengarah ke gawang.

Tiga menit berselang, Arema kembali mendapat peluang tendangan bebas setelah pelanggaran terhadap Abel Camara. Kali ini Bagas Adi yang mengeksekusi bola mati, Dedik yang berada di mulut gawang kalah saat berduel dengan kiper Reza Arya.

Sejurus kemudian, PSM melancarkan serangan balik cepat dan Everton berhasil menciptakan peluang emas dengan mengumpan kepada Dzaki. Tapi pemain muda itu gagal memaksimalkan peluang emas tersebut. PSM memang lebih banyak mengandalkan skema serangan balik di babak kedua ini.

PSM kembali mendapat peluang emas di menit ke-76 saat Victor menerima umpan jauh dan berhasil melewati penjagaan pemain belakang Arema di sisi kanan kotak penalti. Namun, upaya umpan tarik dari Victor kepada Akbar Tanjung berhasil dipotong oleh Bagas Adi.

Agung melanggar Abel Camara di area pertahanan PSM pada menit ke-85. Ini menjadi peluang emas bagi Arema untuk menyamakan kedudukan. Namun tendangan kaki kiri Bagas Adi masih terlalu melenceng di sisi kiri gawang Reza. Tidak ada gol lain di waktu tersisa, PSM menang 1-0 atas Arema.

Susunan pemain kedua tim:

PSM Makassar: Reza Arya Pratama (kiper); Yuran Fernandes, Erwin Gutawa, Agung Mannan; Briyan Cesar, Arfan, Ananda Raehan, Rizky Pratama; Ramadan Sananta, Everton Mendonca, Dzaki Asraf

Arema FC: Teguh Amiruddin (kiper); Johan Alfarizi, Sergio Silva, Bagas Adi, Rizky Dwi; Renshi Yamaguchi, Gian Zola,  Jayus Hariono, Adam Alis, Dendi Santoso; Abel Camara.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement