Ahad 21 Aug 2022 06:15 WIB

Sebagian Pasien Covid-19 Masih Menularkan Virus di Hari Kelima

Penularan virus Covid-19 bahkan bisa terjadi meski gejala belum keluar.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Sebuah studi komprehensif telah mengungkapkan bahwa dua pertiga orang dengan Covid-19 masih bisa menularkan ke orang lain meski sudah di hari kelima.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sebuah studi komprehensif telah mengungkapkan bahwa dua pertiga orang dengan Covid-19 masih bisa menularkan ke orang lain meski sudah di hari kelima.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi komprehensif telah mengungkapkan bahwa dua pertiga orang dengan Covid-19 masih bisa menularkan ke orang lain meski sudah di hari kelima. Penelitian ini juga menemukan bahwa sepertiga tes aliran lateral (juga disebut tes antigen cepat) memberikan hasil negatif yang salah, ketika gejala masih ada di tubuh.

Peneliti dari Imperial College London, Seran Hakki, dan rekan-rekannya mempelajari peserta saat sebelum, selama, dan setelah mereka mengembangkan Covid-19. Penelitian itu dilakukan antara September 2020 hingga Oktober 2021. Penelitian dilakukan dengan meminta mereka yang pernah kontak dekat dengan kasus yang diketahui.

Baca Juga

Selama penelitian itu, mereka selalu menjalankan pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan, lalu dicatat di buku gejala harian. Penyeka diuji oleh PCR dan perangkat aliran lateral, dan setiap sampel PCR-positif menjadi sasaran pengujian lebih lanjut yang menghitung berapa banyak virus menular dalam lendir atau viral load, yang dipandang sebagai ukuran kunci dari penularan.

Ini dilakukan dengan menginkubasi pengenceran viral load yang berbeda dalam cawan, dengan sel-sel yang rentan terhadap infeksi. Lebih dari 700 kontak kasus, 42 orang memiliki awal dan akhir masa menular mereka yang terungkap lewat tes. 

“Kami menangkap saat mereka mengembangkan infeksi sampai mereka berhenti menular,” kata Hakki, dilansir dari New Scientist, Sabtu (20/8/2022).

Sekitar satu dari lima orang ini ditemukan masih bisa menularkan sebelum gejala apa pun dimulai. Tes aliran lateral memberikan hasil positif yang akurat 67 persen dari waktu awal penyakit. Hasil aliran lateral negatif tidak boleh dipercaya jika seseorang memiliki gejala.

Menjelang akhir penyakit orang, dua pertiga dari mereka masih bisa menularkan di hari kelima setelah gejala mereka dimulai, meskipun mereka memiliki tingkat virus infeksi yang lebih rendah di viral load hidung dan tenggorokan mereka. Seperempat masih menular setelah hari ketujuh. Pada tahap penyakit selanjutnya ketika viral load menurun, tes aliran lateral memberikan hasil positif untuk 92 persen orang yang terinfeksi.

Saran di banyak negara, termasuk Inggris, kebanyakan orang dapat berhenti isoman setelah lima hari, meskipun mereka harus menghindari bertemu orang yang lebih rentan terhadap Covid-19 selama 10 hari. Mereka yang berusia di bawah 18 tahun disarankan untuk mengisolasi diri hanya selama tiga hari di Inggris dan Skotlandia.

“Ini menunjukkan tanpa bayang-bayang keraguan bahwa orang melepaskan virus menular jauh lebih lama daripada yang dinyatakan dalam pedoman saat ini,” kata Ahli Virologi di University of Leeds Inggris, Stephen Griffin, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Namun, hasilnya mungkin sedikit berbeda untuk varian omicron BA.5 yang saat ini lazim. Penelitian tersebut dilakukan ketika orang-orang di Inggris terinfeksi oleh jenis virus corona asli atau varian alfa atau delta. Sebuah penelitian sebelumnya menemukan bahwa omicron terkait dengan viral load yang lebih rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement