Ahad 21 Aug 2022 16:05 WIB

Roti Cepat Berjamur? Solusinya Sesimpel Ini Ternyata

Ada trik simpel untuk mencegah roti cepat berjamur.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Roti tawar berjamur. Perhatikan cara menyimpan roti agar tidak mudah berjamur.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Roti tawar berjamur. Perhatikan cara menyimpan roti agar tidak mudah berjamur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan ketika roti yang disimpan ternyata sudah berjamur. Supaya itu tak lagi terjadi, salah satu pembuat konten yang kerap membagikan tips dan trik seputar dapur menawarkan kiat menyimpan roti.

Kreator yang menggunakan nama The Board Housewife itu menjamin bahwa menyimpan roti dengan benar bisa mencegahnya lekas berjamur. "Cegah roti jamuran dengan menambahkan batang seledri segar di tempat penyimpanan," ujarnya, dikutip dari laman Express, Ahad (21/8/2022).

Baca Juga

Apa yang membuat seledri ampuh membantu roti bertahan lebih lama? Alasannya yaitu karena roti menyerap kelembapan dari seledri, sehingga mencegahnya berjamur.

Caranya, simpan roti di kantong plastik bersih dan tambahkan satu atau dua batang seledri. Tutup kantong dengan rapat agar udara tidak keluar, lalu simpan di lemari es.

Roti memang cenderung mengundang jamur untuk tumbuh. Ini disebabkan oleh spora jamur yang mendarat di roti. Spora dibuang oleh jamur, mengambang di sekitar sampai mereka menemukan tempat yang baik untuk mendarat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement