Permintaan Logistik Meningkat, DHL Perkuat Bisnis di Indonesia
Red: Fernan Rahadi
Mobil van listrik (e-van) milik DHL Express Indonesia. | Foto: dokpri
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deutsche Post DHL Group, perusahaan logistik terkemuka di dunia, melihat bisnis yang tengah menguat di Indonesia pada masa pandemi. Mereka pun merencanakan pertumbuhan dan investasi lebih lanjut di bumi nusantara.
"Masa pandemi ini memperjelas bahwa logistik sangat penting. Lebih dari sebelumnya. Dengan situasi yang mudah bergejolak serta lingkungan yang semakin kompleks, pelanggan beralih pada mitra logistik yang andal dengan rekam jejak internasional, infrastruktur yang mapan, serta kepiawaian di bidang ini," kata CEO Deutsche Post DHL, Frank Appel, dalam siaran pers, Ahad (21/8/2022).
"Kami telah menginvestasikan sekitar 140 juta euro di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun hingga saat ini. Di Indonesia, dengan tenaga kerja andal yang memiliki solusi inovatif untuk pasar, kami memiliki bisnis yang kokoh serta tangguh, siap akan pertumbuhan lebih besar," katanya menambahkan.
Pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 1973, Deutsche Post DHL Group mengoperasikan tiga divisi bisnis di Indonesia yang secara kolektif menawarkan layanan rantai pasokan end-to-end. DHL Express adalah penyedia layanan ekspres terkemuka, DHL Global Forwarding, spesialis angkutan udara dan laut, serta DHL Supply Chain, spesialis kontrak logistik dalam Grup. Bersama-sama, bisnis DHL mempekerjakan lebih dari 2.300 karyawan, mengoperasikan gudang seluas 525.000 meter persegi, serta beroperasi dengan 120 penerbangan setiap harinya, menghubungkan bisnis di Indonesia melalui jaringan global DHL yang mencakup 220 negara dan teritori.
"Pandemi mempengaruhi peningkatan permintaan layanan logistik. Di DHL Global Forwarding Indonesia, tenaga kerja kami meningkat sebesar 10 persen sejak tahun 2021. Jaringan kami terpilih untuk digunakan dalam pengiriman vaksin Covid-19. Kami mengantarkan vaksin ke 24 lokasi di Indonesia, menangani importasi melalui penerbangan komersial, dan chartered flights. Vaksin tersebut harus ditangani dengan kontrol suhu yang sangat ketat dan jaminan kualitas," kata Presiden Direktur DHL Global Forwarding Indonesia, Vincent Yong.
Baru-baru ini, kata dia, DHL juga bertanggung jawab atas penanganan logistik Formula E pertama di Indonesia. "Kami menyediakan layanan logistik end-to-end multi-modal termasuk layanan bernilai tambah, seperti proses customs clearance, pemeriksaan fisik dan angkutan darat, menggunakan peralatan canggih untuk melakukannya," katanya.
Secara kolektif, DHL telah berinvestasi sebesar 140 juta euro di Indonesia selama kurun waktu 10 tahun terakhir hingga saat ini. DHL Express, penyedia layanan ekspres terkemuka dari Grup, telah mempercepat investasinya di Indonesia. Perusahaan telah menambahkan tenaga kerjanya sebesar 7 persen pada tahun 2021, dan pada tahun 2022, terdapat pertumbuhan 13,5 persen dari segi karyawannya.
DHL Express Indonesia lebih lanjut mengumumkan investasi yang dialokasikan untuk empat fasilitas baru di Indonesia dalam dua tahun ke depan. "Kami telah hadir di Indonesia sejak 1973, dan kami masih terus berinvestasi. Kami telah mengalokasikan investasi sebesar 25 juta euro untuk penggantian armada dan empat fasilitas baru dalam dua tahun ke depan, yaitu Gateway baru di Surabaya dan Denpasar, serta Service Centre baru di Bekasi dan Tangerang. DHL Express Bekasi Service Center baru saja beroperasi pada bulan Juli lalu,” kata Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia, Ahmad Mohamad,
"DHL Express telah mengoperasikan 48 gerai ritel dan titik layanan di berbagai lokasi utama di Indonesia, investasi kami akan terus melayani pertumbuhan di kota-kota, memungkinkan kami dalam memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan, yang tentu saja turut mendukung pertumbuhan ekonomi negara," katanya.