Ahad 21 Aug 2022 22:54 WIB

Sebanyak 1.842 Ternak di Nagan Raya Aceh Sembuh dari PMK

Sebanyak 19 ternak yang masih sakit diyakini akan segera sembuh.

Red: Ilham Tirta
Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan ternak sapi yang telah sembuh dari penyakit mulut dan kuku (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan ternak sapi yang telah sembuh dari penyakit mulut dan kuku (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NAGAN RAYA -- Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mencatat hingga Ahad (21/8/2022), sebanyak 1.842 ternak kerbau dan sapi di daerah tersebut sudah sembuh dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Jumlah itu di antara total 1.861 ternak yang terkena wabah PMK di Nagan Raya.

"Alhamdulillah, sebanyak 1.842 ternak dinyatakan sudah sembuh," kata Kepala Bidang Peternakan Distannak Nagan Raya, Aceh, drh Safridhal, Ahad (21/8/2022).

Baca Juga

Safridhal merinci, sebanyak 1.842 ternak yang sudah dinyatakan sembuh terdiri dari 1.080 ekor sapi, 762 ekor kerbau, dan empat ekor kambing. Sedangkan jumlah ternak yang saat ini masih dalam kondisi sakit tinggal 19 ekor.

Pihaknya juga optimistis sebanyak 19 ekor ternak masyarakat itu akan segera sembuh dalam beberapa hari mendatang. Ia menjelaskan, banyaknya ternak yang sudah sembuh disebabkan adanya pengobatan dan kesigapan petugas yang turun ke setiap desa di daerah itu.

Pengobatan dilakukan dengan cara pemberian asupan vitamin dan sejumlah tindakan lainnya. Meski sudah banyak ternak yang dinyatakan sembuh, Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya mengimbau kepada peternak agar tetap mengawasi setiap ternak. "Agar mengantisipasi wabah penyakit mematikan tersebut," kata Safridhal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement