Selasa 23 Aug 2022 12:44 WIB

Teladan Pendiri NU dan Muhammadiyah dalam Menyayangi Anak Yatim

Pendiri NU dan Muhammadiyah sangat menyayangi anak yatim.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Teladan Pendiri NU dan Muhammadiyah dalam Menyayangi Anak Yatim. Foto:  Ilustrasi Peduli Anak Yatim
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Teladan Pendiri NU dan Muhammadiyah dalam Menyayangi Anak Yatim. Foto: Ilustrasi Peduli Anak Yatim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ulama di Tanah Air menjadi teladan dalam mengobarkan semangat agar terus peduli terhadap kehidupan anak yatim.  KH Hasyim Asy'ari dan para ulama pendiri NU lainnya ketika awal terbentuknya NU menetapkan kegiatan-kegiatan untuk membumikan Aswaja.

Dikutip majalah Tebuireng: Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari Teladan Umat Islam  menuliskan salah satu kegiatan tersebut adalah membantu mengurusi yatim piatu dan fakir miskin. 

Baca Juga

Begitupun pendiri Muhammadiyah yaitu KH. Ahmad Dahlan yang selalu mengajarkan pada santri-santrinya untuk memuliakan anak yatim. M. Nasaruddin Anshoriy dalam Matahari Pembaruan: Rekam Jejak KH Ahmad Dahlan menjelaskan Kiai Ahmad Dahlan mengulang-ulang surat Al Ma'un beberapa hari ketika mengajar para santrinya.

Hingga para santri menanyakan maksud kiai Ahmad Dahlan. Lalu kiai Ahmad Dahlan menyuruh santrinya mencari orang miskin dan anak yatim kemudian membawanya ke rumah masing-masing untuk dimandikan, diberi pakaian, makanan, minuman dan tempat tidur yang layak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement