Selasa 23 Aug 2022 16:02 WIB

Awal September Peluncuran Booster Covid akan Dimulai di Inggris

Sebanyak 26 juta orang akan memenuhi syarat untuk menerima suntikan booster.

Rep: Mg136/ Red: Gita Amanda
Orang-orang turun dari kereta api pada jam sibuk pagi hari di stasiun kereta Waterloo di London, (ilustrasi). Mulai tanggal 5 September, Inggris akan mulai menawarkan vaksinasi booster musim gugur Covid-19.
Foto: AP/Matt Dunham
Orang-orang turun dari kereta api pada jam sibuk pagi hari di stasiun kereta Waterloo di London, (ilustrasi). Mulai tanggal 5 September, Inggris akan mulai menawarkan vaksinasi booster musim gugur Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mulai tanggal 5 September, Inggris akan mulai menawarkan vaksinasi booster musim gugur Covid-19, dengan penghuni panti jompo dan orang tua menjadi yang pertama menerimanya. Sebanyak 26 juta orang akan memenuhi syarat untuk menerima suntikan booster.

Dilansir dari BBS News, vaksinasi bivalen baru dari Moderna akan digunakan "tergantung persediaan yang cukup". Orang dianjurkan untuk mengambil vaksin yang diberikan karena vaksin asli terus menawarkan perlindungan yang baik. Pemesanan dapat dilakukan secara online atau dengan menelpon 119, kemudian NHS akan menghubungi Anda.

Banyak dokter umum setempat dan fasilitas kesehatan komunitas akan disiapkan untuk memberikan suntikan flu dan suntikan penguat Covid-19 secara bersamaan kepada beberapa orang. Namun, tanggal booster musim gugur dan suntikan Covid-19 sebelumnya harus berjarak tiga bulan.

"Musim dingin ini akan menjadi pertama kalinya kita melihat efek nyata dari Covid dan flu dalam sirkulasi penuh saat kita menjalani kehidupan seperti biasa," kata Steve Russell, direktur vaksinasi dan skrining untuk NHS. 

Baca juga : Penerima Booster tak Lagi Harus Tes Covid-19 Jika Naik Pesawat

"Oleh karena itu, sangat penting bahwa mereka yang paling rentan terhadap penyakit serius dari virus ini maju untuk mendapatkan suntikan terbaru untuk melindungi diri mereka sendiri," jelasnya.

NHS menyarankan orang yang berusia di atas 75 tahun dan mereka yang sangat lemah dan berisiko sakit serius, untuk memesan slot mereka pada awal September. Dimulai pada 12 September, peluncuran yang lebih luas yang mencakup kelompok-kelompok itu akan dimulai, memberikan prioritas kepada individu yang paling tua dan paling rentan.

Vaksinasi bivalen baru, menurut Kepala Eksekutif NHS Inggris Amanda Pritchard, adalah "penghilang varian", dan NHS akan menjadi yang pertama di dunia yang menawarkannya.

Vaksinasi bivalen, yang baru saja disahkan untuk penggunaan orang dewasa di Inggris, melawan jenis virus corona utama dan varian Omicron pertama (BA.1). "Ketika saatnya tiba, saya akan sangat mendorong siapa pun yang diundang untuk mengambil booster musim gugur dan suntikan flu, untuk melakukannya secepat mungkin, itu akan memberi Anda perlindungan maksimal musim dingin ini," kata Pritchard.

Baca juga : Persyaratan Naik Kereta Api Jarak Jauh Mulai 30 Agustus: 18 Tahun ke Atas Wajib Booster!

Sebelum musim dingin, setiap negara bagian Inggris merencanakan peluncurannya sendiri. Dilansir dari komite vaksin Inggris, yang memberikan saran kepada pemerintah Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia, menjelaskan bahwa kelompok berikut harus menerima beberapa booster di musim gugur, diantaranya:

● Pekerja medis dan sosial

● Semua orang di atas usia 50 tahun

● Pengasuh di atas usia 16 tahun

● Individu yang berusia di atas lima tahun yang kesehatannya menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi, termasuk wanita hamil

● Individu di atas usia lima tahun yang tinggal dengan seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement