Rabu 24 Aug 2022 13:57 WIB

Jenderal Dudung Tinjau Lokasi Mabesad di IKN

KSAD menegaskan komitmen TNI AD mendukung program pemerintah membangun IKN.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.
Foto: Dok Dispenad
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman meninjau lokasi pembangunan Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di kawasan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Selasa (23/8/2022).

"TNI AD akan segera menindaklanjuti dengan membangun Sub Detasemen (Subden) Mabesad dan dari hasil peninjauan ini nanti akan kami buat evaluasi untuk memberi saran pada pemerintah," kata Dudung dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Dia mengatakan, dalam saran tersebut tercantum semua pertimbangan dan perhitungan agar penempatan Mabes TNI AD nantinya strategis dan dapat mengamankan IKN dengan maksimal. Dudung menerima penjelasan singkat dari Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (KBBPJN) Junaidi ST tentang rencana pembangunan Mabesad di lokasi IKN.

Dudung pun menyampaikan komitmen TNI AD dalam mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam membangun IKN. Dalam rantai komando TNI AD melalui Kodam VI/Mulawarman, sambung dia, selama ini sudah secara berkelanjutan telah membantu pemerintah daerah dalam pengamanan dan kelancaran proses pembangunan IKN.

"Termasuk dalam rencana membangun Subden Mabesad tadi," kata Dudung. Selesai meninjau lokasi pembangunan Mabesad, ia meninjau lokasi pembangunan Bendungan Sepaku. Waduk itunantinya menjadi pendukung cadangan air di wilayah IKN dan Sepaku serta sekitarnya. Dudung hadir bersama Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto dan pejabat utama Mabesad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement