Rabu 24 Aug 2022 17:15 WIB

Alami Kekeringan Terburuk, Eropa Alami Penurunan Hasil Panen

Hasil panen rata-rata jagung, jagung, dan kedelai diperkirakan turun 15 persen.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Komisi Eropa memperkirakan hasil panen rata-rata  jagung, jagung, dan kedelai turun 15 persen. Penurunan ini akibat wilayah Eropa mengalami kekeringan terburuk dalam 500 tahun terakhir.
Foto: AP/Anna Szilagyi
Komisi Eropa memperkirakan hasil panen rata-rata jagung, jagung, dan kedelai turun 15 persen. Penurunan ini akibat wilayah Eropa mengalami kekeringan terburuk dalam 500 tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Komisi Eropa memperkirakan hasil panen rata-rata  jagung, jagung, dan kedelai turun 15 persen. Penurunan ini akibat wilayah Eropa mengalami kekeringan terburuk dalam 500 tahun terakhir.

"Kekeringan saat ini tampaknya masih menjadi yang terburuk sejak setidaknya 500 tahun," ujar Riset Gabungan Komisi Eropa memperingatkan dalam laporan terbarunya dikutip dari Anadolu Agency, Rabu (24/8/2022).

Menurut penelitian tersebut, defisit curah hujan yang parah mempengaruhi pertanian dan meningkatkan risiko kebakaran hutan. Kondisi tersebut menciptakan situasi yang mengkhawatirkan dengan 64 persen wilayah Uni Eropa (UE) berada di bawah peringatan atau siaga.

Vegetasi dan tanaman menunjukkan efek negatif dari kekeringan di 17 persen dari UE. Sementara kelembaban tanah defisit hingga 47 persen di wilayah blok tersebut.

Komisi UE memperkirakan hasil jagung, kedelai, dan bunga matahari masing-masing, 16 persen, 15 persen, dan 12 persen lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata lima tahunan karena kekeringan yang berkepanjangan. Kurangnya curah hujan juga mempengaruhi hampir semua sungai di seluruh Eropa, menyebabkan kesulitan di sektor energi dan transportasi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَتَجِدُوْنَ اٰخَرِيْنَ يُرِيْدُوْنَ اَنْ يَّأْمَنُوْكُمْ وَيَأْمَنُوْا قَوْمَهُمْ ۗ كُلَّ مَا رُدُّوْٓا اِلَى الْفِتْنَةِ اُرْكِسُوْا فِيْهَا ۚ فَاِنْ لَّمْ يَعْتَزِلُوْكُمْ وَيُلْقُوْٓا اِلَيْكُمُ السَّلَمَ وَيَكُفُّوْٓا اَيْدِيَهُمْ فَخُذُوْهُمْ وَاقْتُلُوْهُمْ حَيْثُ ثَقِفْتُمُوْهُمْ ۗ وَاُولٰۤىِٕكُمْ جَعَلْنَا لَكُمْ عَلَيْهِمْ سُلْطٰنًا مُّبِيْنًا ࣖ
Kelak akan kamu dapati (golongan-golongan) yang lain, yang menginginkan agar mereka hidup aman bersamamu dan aman (pula) bersama kaumnya. Setiap kali mereka diajak kembali kepada fitnah (syirik), mereka pun terjun ke dalamnya. Karena itu jika mereka tidak membiarkan kamu dan tidak mau menawarkan perdamaian kepadamu, serta tidak menahan tangan mereka (dari memerangimu), maka tawanlah mereka dan bunuhlah mereka di mana saja kamu temui, dan merekalah orang yang Kami berikan kepadamu alasan yang nyata (untuk memerangi, menawan dan membunuh) mereka.

(QS. An-Nisa' ayat 91)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement