Rabu 24 Aug 2022 20:02 WIB

Ini Manfaat yang Bisa Diambil City dari Laga Persahabatan Kontra Barcelona

Laga ini dapat menjadi laga debut Sergio Gomez buat City.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola bertepuk tangan sebelum pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City dan Bournemouth di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu, 13 Agustus 2022.
Foto: AP/Jon Super
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola bertepuk tangan sebelum pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City dan Bournemouth di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu, 13 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City akan melakoni laga eksebisi, kontra Barcelona, di Stadion Camp Nou, Rabu (24/8) waktu setempat.

Laga persahabatan ini terbilang cukup unik lantaran digelar saat kompetisi reguler di lima liga top Eropa, termasuk Liga Primer Inggris dan Liga Spanyol, sudah mulai bergulir.

Pertemuan antara The Citizens dan Blaugrana ini sekaligus menjadi laga penggalangan dana untuk para penderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) atau penyakit penurunan fungsi sel saraf motorik.

Pemasukan, termasuk hasil penjualan tiket, dari laga ini akan sepenuhnya disumbangkan ke Yayasan Luzon sebagai bagian dari perawatan dan penelitian tentang penyakin ALS.

Kendati digelar saat kompetisi reguler telah bergulir, laga ini dinilai masih bisa memberikan manfaat besar buat The Citizens.

Juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut dapat menggunakan laga ini untuk menajamkan kondisi kebugaran para pemain, terutama yang belum mendapatkan menit bermain pada musim ini.

Pelatih City, Pep Guardiola, sempat mengungkapkan rencana tersebut. Menurut eks pelatih Blaugrana tersebut, dengan tampil menghadapi salah satu klub besar di Spanyol, para penggawa The Citizens bisa menajamkan kembali ritme permainan.

''Cara terbaik untuk bisa mendapatkan kembali ritme permainan adalah dengan tampil di sebuah laga. Para pemain yang tidak merumput di laga sebelumnya akan mendapatkan kesempatan tampil.”

“Apalagi pada bulan depan, kami sudah melakoni jadwal padat dengan melakoni satu laga tiap tiga hari,'' kata Guardiola seperti dikutip Manchester Evening News, Rabu (24/8).

Manchester Evening News melansir sejumlah aspek yang bisa ditingkatkan Guardiola dari skuad The Citizens melalui laga kontra Barca tersebut. Laga ini dapat menjadi laga debut Sergio Gomez buat City.

Bek kiri asal Spanyol itu menjadi salah satu rekrutan teranyar City usai direkrut dari Anderlecht. ''Dia didatangkan untuk memberikan dukungan kepada Joao Cancelo.”

“Laga ini menjadi kesempatan berharga buat Gomez untuk menunjukan kemampuannya setelah Cancelo nyaris tidak pernah absen di tiga laga awal City pada musim ini,'' tulis laporan Manchester Evening News.

Tidak hanya itu, Guardiola juga bisa menggunakan laga ini untuk melakukan eksperimen dalam taktik The Citizens. Perubahan taktik ini dapat didukung dengan menurunkan dua penggawa anyar City, Kalvin Phillips dan Julian Alvarez.

Phillips bisa ditempatkan sebagai andalan utama di lini tengah City seperti saat masih berseragam Leeds United. Phillips juga bisa menambah opsi pemain di lini tengah, sebagai duet Ilkay Gundogan ataupun Rodri.

Sementara buat Alvarez, penyerang asal Argentina itu dapat coba ditempatkan sebagai penyerang tengah ataupun penyerang sayap di laga ini. Pun dengan kemungkinan menempatkan Alvarez sebagai tandem Erling Haaland dalam formasi dua penyerang tengah.

Tidak hanya memberikan menit bermain pada para penggawa anyar, Guardiola juga bisa menggunakan laga ini untuk memberikan kesempatan pada penggawa muda The Citizens.

Pemain-pemain seperti, Cole Palmer, Rico Lewis, dan Luke Mbete, dapat diturunkan untuk menambah kepercayaan diri dan aspek pengalaman dalam menghadapi tim raksasa.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ جَعَلَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْحَمِيَّةَ حَمِيَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَكَانُوْٓا اَحَقَّ بِهَا وَاَهْلَهَا ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا ࣖ
Ketika orang-orang yang kafir menanamkan kesombongan dalam hati mereka (yaitu) kesombongan jahiliah, lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin; dan (Allah) mewajibkan kepada mereka tetap taat menjalankan kalimat takwa dan mereka lebih berhak dengan itu dan patut memilikinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Fath ayat 26)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement