Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kadin Dorong Ekspor UMKM Kelapa ke Empat Negara Asia

Rabu 24 Aug 2022 17:12 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Kelapa dan produk turunannya beruapa minyak. (Ilustrasi)

Kelapa dan produk turunannya beruapa minyak. (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Komoditas kelapa dan produk turunannya memiliki potensi ekonomi yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong upaya yang dilakukan oleh pelaku UMKM di Sulawesi Selatan yang melakukan ekspor kopra ke berbagai negara. Kopra merupakan produk turunan berbahan utama buah kelapa yang dikeringkan. 

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Dian Prasetyo mengatakan salah satu kunci dalam memperbaiki perekonomian bangsa dengan peningkatan ekspor dan tentunya peningkatan kualitas produk-produk ekspor Indonesia. Permintaan terhadap komoditas kelapa dan turunannya cukup tinggi dari pasar internasional.

Baca Juga

“Siapa sangka, kelapa kering ini menjadi incaran berbagai negara di luar negeri. Ekspor kopra tak terelakkan jumlahnya, puluhan ton kopra Sulawesi mendarat di belahan negara Asia seperti India, Thailand, Pakistan, hingga Vietnam,” ujarnya, Rabu (24/8/2022).

Dalam mendukung pengembangan sektor ini, Kadin Indonesia menggandeng PT Restu Graha Dana dan CV Aflaha Coconut Mandiri bertekad bekerja sama dalam membina, menyerap produk, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani. Saat ini PT Restu Graha Dana dan CV Aflaha Coconut Mandiri telah mengekspor kopra asal Sulawesi Selatan dan berbagai provinsi di Sulawesi ke beberapa negara tujuan, antara lain Pakistan, Afghanistan, India, Uni Emirat Arab.

Menurutnya komoditas kelapa dan produk turunannya memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Maka itu, petani kelapa di Sulawesi Selatan harus diberdayakan dan tentunya kualitas produk ekspor kelapa dan turunannya harus ditingkatkan. 

“Kadin Indonesia dalam hal ini akan terus mengedukasi dan mengoptimalkan potensi UMKM-UMKM binaan,” ucapnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile