Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lusi Santikasari

Dampak Negatif dan Positif Gadget

Edukasi | Wednesday, 24 Aug 2022, 14:38 WIB

Apa itu gadget?. Tentunya hampir semua orang di jaman modern seperti sekarang ini yang saat ini serba canggih sudah pasti tau dan sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah gadget. Belakangan ini istilah gadget itu sendiri menjadi marak dan seolah sudah menjadi fashion di kalangan semua orang. Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget itu sendiri dengan perangkat elektronik yang lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Salah satu fitur terkenal dan paling menarik dari gadget adalah internet. Karena dengan adanya internet baik itu seorang siswa ataupun mahasiswa dan khalayak lainnya bisa dengan mudah untuk mencari informasi mengenai hal apapun. Sebagian contoh ketika seorang siswa atau mahasiswa dapat dengan mudah mencari informasi apapun untuk membantu mengerjakan tugas tugasnya, baik itu tugas sekolah maupun tugas kampus. Walaupun gadget memberi begitu banyak keuntungan bagi pemakaiannya, jika tidak bijak dalam menggunakan nya gadget bisa memberi kerugian bagi penggunanya. Salah satu kerugian tersebut untuk penggunanya adalah ketidak mampuan untuk bisa hidup sendiri. Sebagian contoh hampir setiap saat para pengguna jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, what’s App, dan media lainnya selalu ingin bercerita tentang hidupnya, baik itu mengenai kebiasaan, hobi, bahkan rutinitas yang biasa dijalani setiap harinya kepada orang lain lewat update status.

Kemudahan lain yang bisa kita peroleh dari adanya gadget juga bisa membantu untuk mencari lowongan pekerjaan, berjualan secara online, berbelanja, bertransaksi, main game, dan masih banyak lagi hal yang lain nya yang bisa dilakukan dengan menggunakan gadget. Pengaruh gadget dalam hidup kita memang sangat luar biasa, selain gadget bisa membantu memudahkan hidup kita, namun kita juga perlu membatasi waktu penggunaan dari gadget itu sendiri sehingga tidak menganggu waktu kita. Waktu saat kita bekerja, waktu kita untuk beristirahat, dan tentunya tidak mengganggu waktu kita yang sangat berharga bersama orang orang yang ada disekitar kita baik itu keluarga, pasangan dan sahabat kita.

Selain memberikan berbagai kemudahan, gadget juga bisa memberi dampak negatif bagi penggunanya. Diantarnya penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak. Dalam psikologi perkembangan anak usia dini dikatakan bahwa pada anak usia 0-6 tahun dapat membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak. Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antar lain anak menjadi pribadi tertutup, mengalami gangguan tidur, suka menyendiri, bahkan bisa berdampak pada perilaku kekerasan, pudarnya kreatifitas, dan ancaman cyberbullying. Solusi terhadap permasalahan pemakaian gadget pada anak usia dini yaitu dengan cara membatasi pemakaian dan mengawasi anak dalam bermain gadget. Mengawasi anak dalam bermain gadget dengan figur orang tua yang tentunya berperan sangat penting serta memberi jadwal waktu yang tepat saat anak bermain gadget, agar gadget tidak menghambat perkembangan sosial pada anak usia dini. Adapun efek positif dan negatif dari gadget pada perkembangan anak yaitu dari sisi positifnya penggunaan gadget dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halusnya dan meningkatkan rentang perhatian mereka. Sisi negatifnya gadget dapat menyebabkan Masalah seperti sakit kepala, sakit leher dan mata kering. Dan sangat penting sekali bagi orang tua untuk menyadari dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget pada perkembangan anak usia dini.

Bukan hanya pada anak efek negatif dari penggunaan gadget tetapi orang dewasapun bisa terkena imbasnya dari penggunaan gadget secara berlebihan. Pasalnya penggunaan gadget yang berlebihan bisa berdampak pada kesehatan dan juga perilaku. Banyak perubahan pola hidup yang terjadi akibat penggunaan gadget yang secara berlebihan, diantaranya bisa menimbulkan pada masalah penglihatan, gangguan pola hidup, tidak fokus, ketergantungan gadget, sakit kepala, postur tubuh yang tidak ideal, dan bisa menyebabkan cedera pada otot dan ligament, bahkan bisa mengakibatkan risiko terjadinya kecelakaan karena hilangnya konsentrasi, serta menyebabkan terjadinya kegemukan atau obesitas.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget. Maka sebaiknya kita harus bisa membatasi penggunaan gadget itu sendiri demi kesehatan tubuh kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image