Rabu 24 Aug 2022 22:08 WIB

Live Liga 1: Gol Penalti Menit Akhir Amankan Tiga Poin untuk Persija

Persija naik ke posisi enam sementara dengan perolehan angka 11.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Persija Jakarta Abdulla Yusuf Helal (kiri) berebut bola atas dengan pesepak bola Persita Tangerang Agustin Cataneo (kanan) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (24/8/2022).
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Pesepak bola Persija Jakarta Abdulla Yusuf Helal (kiri) berebut bola atas dengan pesepak bola Persita Tangerang Agustin Cataneo (kanan) pada lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (24/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Persija Jakarta harus menunggu hingga pengujung laga untuk memastikan kemenangan pada laga pekan keenam Liga 1 2022/2023. Penalti Abdulla Yusuf Helal membawa Persija menang tipis 1-0 atas Persita Tangerang di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (24/8) malam.

Gol yang ditunggu the Jakmania tercipta pada menit ke-90. Penyerang asal Lebanon itu dengan tenang mencetak gol ke gawang Persita lewat eksekusi dari 12 pas.

Lewat kemenangan ini Persija naik ke posisi enam sementara dengan perolehan angka 11 dari tiga kemenangan, dua imbang dan sekali kalah.

Sementara Persita harus mengakhiri catatan empat kemenangan terakhir mereka di tangan Persija. Meski demikian Pendekar Cisadane masih menduduki peringkat keempat dengan koleksi angka 12 dari empat menang dan dua kekalahan.

Dalam 15 menit waktu awal pertandingan kedua tim bermain cukup alot, tak banyak menghasilkan peluang. Kreasi Persija Jakarta lebih sering dilakukan melalui sektor kanan yang dimotori oleh Riko Simanjuntak.

Sementara Persita memilih untuk memainkan umpan langsung ke depan dengan mengandalkan pergerakan dua striker Ramiro Fergonzi serta Ezequiel Vidal.

Pada menit ke-26, Persija nyaris membuka gol melalui umpan Syahrian Abimanyu  ke Krmencik yang langsung ditanduk. Namun sayang bola melebar ke pojok kanan gawang kiper Persita, Dhika Bayangkara.

Mengusung skema 3-5-2 pelatih Thomas Doll terus mengandalkan permainan-permainan sayap dari Riko maupun Firza Andika.

Giliran Persita mendapat peluang emas pada menit ke-31 melalui Fahreza Sudin yang berada tepat di depan gawang. Namun bola sempat mengenai kaki pemain persija sehingga alur bola terpelintir tipis di pinggir kanan tiang gawang Andritany.

Persija gagal mendominasi lini tengah dalam pertandingan ini. Trisula Abimanyu, Hanif dan Braif Fatari masih belum kompak dan mudah dibendung oleh para pemain tengah Persita.

Dewi Fortuna belum berpihak pada tuan rumah. Krmencik gagal mengonversi umpan manis Riko Simanjuntak menjadi gol pada menit ke-36. Bola yang seharusnya dengan mudah diceploskan oleh penyerang asal Republik Ceska justru melebar dari gawang Persita.

Kerja sama apik Krmencik dengan Riko dari sisi sebelah kanan yang langsung melepas umpan menyilang. Namun sayang lagi-lagi penyelesaian akhir belum berujung pada gol, tandukan Yusuf Helal masih melebar.

Pada sisa waktu babak pertama tak ada gol tercipta sampai wasit meniupkan peluit tanda turun minum.

Persita memegang kendali permainan dalam 15 menit waktu awal babak kedua. Ezequiel Vidal dan Fergonzi terus menghadirkan ancaman ke para pemain belakang tuan rumah.

Pada menit ke-55 Fergonzi mendapatkan peluang usai menerima sodorkan mendatar Fahrez. Namun tembakan Fergonzi dengan mudah masih bisa diantisipasi Andritany.

Pelatih Persita Angel Alfredo Vera melakukan pergantian pemain pada menit ke-62. Osas Saha masuk menggantikan Heri Susanto dan Ghozali Siregar ditarik oleh Elisa Basna.

Sementara di kubu Macan Kemayoran pelatih Thomas Doll mencoba peruntungan dengan memasuki Alfriyanto Nico serta Ginanjar Ramadhani menggantikan Michael Krmencik.

Penalti didapat tuan rumah setelah pemain Persita menjatuhkan Alfriyanto Nico di dalam kotak penalti.

Yusuf Helal yang menjadi algojo dengan tenang berhasil menyarangkan bola mendatar ke pojok kanan gawang kiper Dhika Bayangkara. Skor 1-0 untuk keunggulan Persija bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement