Kamis 25 Aug 2022 17:09 WIB

Wamen BUMN Tegaskan Aspek GCG Investasi GoTo

Teknologi marketplace dinilai menjadi sebuah keniscayaan.

Red: Muhammad Hafil
 Wamen BUMN Tegaskan Aspek GCG Investasi GoTo. Foto:  Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kanan) bersiap mengikuti rapat kerja (raker) dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Raker tersebut membahas mengenai restrukturisasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Wamen BUMN Tegaskan Aspek GCG Investasi GoTo. Foto: Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kanan) bersiap mengikuti rapat kerja (raker) dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Raker tersebut membahas mengenai restrukturisasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menegaskan komitmen Kementerian BUMN dalam membangun ekosistem digital. Di mana salah satu jalan yang ditempuh dilaksanakan dengan menggandeng perusahaan startup digital.

Hal itu ditegaskan Wamen Kartika terkait investasi anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yakni PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Rapat dipimpin Ketua Panja M Sarmuji. Selain Wamen BUMN, Panja juga menghadirkan Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Kementerian BUMN Carlo B Tewu.

Baca Juga

"Kementerian BUMN melihat bahwa salah satu kunci Kementerian BUM untuk dapat bertahan dan berjalan lebih baik lagi di era disrupsi adalah antara lain dengan mengambil alih teknologi ataupun mengakuisisi teknologi baru," kata Wamen Kartika dalam rapat Panja Investasi BUMN Pada Perusahaan Digital Komisi VI DPR RI, Rabu (25/08/2022).

 Upaya membangun ekosistem digital masuk dalam agenda kerja Kementerian BUMN karena di era disrupsi saat ini cukup banyak perusahaan plat merah yang tertinggal dari sisi digital. Kata Wamen, dalam 2,5 tahun terakhir, kementerian yang dipimpin Erick Thohir mengakselerasi agar perusahaan BUMN mengadopsi digital teknologi dan masuk dalam sistem digital.